Kenali Indikasi Saringan Udara Motor Mengalami Masalah, Ini Tandanya

Kenali Indikasi Saringan Udara Motor Mengalami Masalah, Ini Tandanya
Kamis, 18 November 2021 16:00
Thio Pahlevi

Saringan udara atau filter udara menjadi salah satu komponen yang perlu diperiksa secara berkala. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar di mesin motor. Kondisi udara, bahan bakar, dan pengapian yang terjaga baik tentunya membuat pembakaran sempurna serta menghasilkan performa motor yang maksimal.

Saringan udara yang mengalami masalah juga akan berdampak pada performa motor. Agung Budi Raharja selaku Assistant General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun memberikan penjelasan mengenai indikasi saringan udara yang bermasalah.

   Baca Juga: Akhiri Musim MotoGP 2021, Ducati Berhasil Raih Gelar Double Crown

Jika saringan udara tak bekerja dengan semestinya, konsumsi bahan bakar terasa lebih boros. Hal ini disebabkan filter tidak maksimal menyaring udara bersih yang digunakan sebagai komponen pembakaran.

Filter udara motor

Selain itu, suara mesin juga menjadi abnormal yang dipicu terganggunya suplai udara atau berkurangnya volume udara yang disalurkan ke ruang pembakaran di mesin motor. Terakhir, tarikan motor terasa berat karena kondisi saringan udara yang kotor.

   Baca Juga: Spesifikasi & Perbedaan Harga Yamaha WR 155R Monster Energy vs Standar

"Pembakaran yang sempurna di mesin dibutuhkan agar konsumen dapat menikmati performa motor yang optimal. Karenanya perlu diperhatikan komponen yang mendukung kinerja tersebut, termasuk di dalamnya adalah kualitas udara yang baik. Terkait hal itu, dibutuhkan kondisi saringan udara yang terawat dengan baik, bahkan diganti jika tidak layak digunakan lagi," ujar Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.