Membonceng Anak di Motor, Lebih Baik di Depan atau Belakang?

Membonceng Anak di Motor, Lebih Baik di Depan atau Belakang?

Motor menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Tak jarang, pengendara motor turut membawa serta anaknya ketika berkendara menggunakan motor. Lantas, saat berboncengan dengan anak, sebaiknya posisinya berada di depan atau belakang?

Guna memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, Yamaha Riding Academy (YRA) pun memberikan tipsnya ketika berboncengan bersama anak. Hal pertama yang perlu diperhatikan tentunya perlengkapan berkendara disesuaikan dengan ukuran anak, mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

   Baca Juga: Kawasaki Beri Diskon KLX 230 SE, Harganya Setara Matic 150 cc!

Selanjutnya, disarankan posisi anak berada tepat di belakang pengendara dan hindari posisi anak di depan. Hal tersebut dikarenakan dapat mengganggu konsentrasi berkendara. Selain itu juga agar anak terhindar dari angin serta debu.

Tips boncengan motor dengan anak

 

Lebih lanjut, pastikan postur tubuh dan umur anak siap untuk dibonceng. Jika postur tubuh anak masih terlalu kecil dan tidak siap, sebaiknya tidak berkendara berdua dan lebih disarankan naik kendaraan umum ataupun roda empat. Pastikan juga pegangan tangan anak sudah kuat. Apabila anak belum dapat berpegangan dengan kuat, bisa gunakan alat pengikat tambahan dengan bahan yang aman dan nyaman agar tidak mudah terjatuh.

   Baca Juga: Hanya Rp 1 Jutaan Per Bulan, Berikut Skema Kredit Honda PCX 160

"Sepeda motor menjadi pilihan praktis mayoritas masyarakat Indonesia untuk berkendara bersama keluarga. Maka pemahaman dalam berkendara perlu menjadi perhatian utama, apalagi saat berkendara bersama anak, yang tentunya butuh persiapan dan perencanaan. Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan tips berkendara bersama anak bagi pengendara sepeda motor di Indonesia," jelas Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id