Modifikasi Ringan Royal Enfield Himalayan untuk Taklukan Kutub Selatan

Modifikasi Ringan Royal Enfield Himalayan untuk Taklukan Kutub Selatan

 

Royal Enfield merayakan hari jadinya yang ke-120 tahun pada 2021. Guna memperingati momen tersebut, merek motor yang berproduksi sejak 1901 ini akan melakukan ekspedisi menggunakan Royal Enfield Himalayan untuk mencoba mencapai Kutub Selatan. Bakal menjelajah ke medan ekstrem, apa saja yang dimodifikasi dari motor Royal Enfield Himalayan tersebut?

Dua unit motor Himalayan telah dimodifikasi oleh tim internal dengan peningkatan fungsional untuk dapat menavigasi salju dan es agar berfungsi dengan baik di bawah kondisi ekstrem di Antartika. Himalayan yang akan digunakan juga telah diuji di gletser Langjokull di Islandia, yang diklaim cukup mirip dengan kondisi di Antartika. Pengujian fase 1 diadakan pada September 2020, sementara pengujian fase 2 berakhir pada Juli 2021.

   Baca Juga: Punya Warna Baru, Intip Detail Spesifikasi Honda CT125 2022

Royal Enfield menyebutkan hanya sedikit perubahan yang dilakukan pada motor Himalayan guna membuatnya siap menghadapi medan dan kondisi cuaca di Antartika. Untuk torsi yang lebih besar di roda belakang, sproket penggerak utama telah diubah dari unit 15-gigi menjadi unit 13-gigi. Pengaturan turut dilakukan dengan memakai ban tubeless berpaku yang memungkinkan ban berjalan pada tekanan yang sangat rendah dan untuk meningkatkan daya apung di salju yang lembut, sekaligus memberikan traksi memadai di atas es yang keras.

Ekspedisi Royal Enfield Himalayan ke Kutub Selatan

Selain itu, tim Royal Enfield memperkenalkan alternator yang lebih kuat menggunakan magnet tanah jarang. Sehingga membuat motor menghasilkan lebih banyak arus dan memungkinkan tim untuk mengaktifikan gigi panas dari baterai.

   Baca Juga: Perbandingan Harga Yamaha Lexi dan Honda Vario 125, Lebih Pilih Mana?

Berangkat dari Cape Town, Afrika Selatan pada 26 November 2021, ekspedisi ini melibatkan dua pengendara Royal Enfield, yakni Santhosh Vijay Kumar selaku Lead - Rides & Community dan Dean Coxson sebagai Senior Engineer - Product Development Royal Enfield. Keduanya akan berusaha mencapai Kutub Selatan dari dataran es Ross Ice, melintasi Gletser Leverett, hingga mencapai stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id