Modifikasi Yamaha Lexi 155 cc Masih Bisa Pakai Knalpot Standar?

Modifikasi Yamaha Lexi 155 cc Masih Bisa Pakai Knalpot Standar?
Selasa, 6 Juli 2021 08:00
Brian

Yamaha Lexi merupakan skutik Maxi terkecil yang bisa ditingkatkan kapasitas mesinnya menjadi 155 cc. Modifikasi mesin Lexi dapat menggunakan blok dan piston kepunyaan dari Yamaha Aerox. Lantas jika spesifikasi mesinnya menjadi 155 cc, masih bisakah menggunakan knalpot standarnya?

Ariyanto selaku pemilik bengkel Zona Speed menyebutkan modifikasi Yamaha Lexi 155 cc tidak perlu mengganti knalpot standarnya. Ari sapaan akrabnya menjelaskan knalpot standar masih bisa digunakan meskipun komponen di dalam kepala silinder Lexi telah diganti. Karena menurutnya, tenaga Yamaha Lexi akan sangat bertambah jika menggunakan camshaft Aerox, injektor Aerox, dan klep Yamaha R15.

   Baca Juga: Modifikasi Yamaha Lexi untuk Rayakan Ultah YLCJ Ke-3 Tahun

"Masih bisa (pakai knalpot standar), iya soalnya dari klep masih standar juga. Memang sih kalau mau debitnya lebih besar bisa pakai injektor Aerox dan klep R15 VVA. Kan diameter klepnya lebih lebar 2 mm. Knalpotnya enggak ganti walaupun pakai klep Yamaha R15," ujar Ari kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Jasa klep besar matic
Gambar Ilustrasi Klep/Valve

Namun Ari mengingatkan, jika menggunakan klep dari Yamaha R15 VVA akan membuat motor menjadi semakin boros. Hal tersebut dikarenakan debit bensin yang lebih besar dari versi standarnya. Namun tentunya tenaga akan menjadi lebih responsif dibandingkan jika hanya menggunakan klep standar Yamaha Lexi.

   Baca Juga: Modifikasi Mesin Yamaha Lexi Jadi 155 cc, Tak Sampai Rp 1 Juta!

Ari yang juga memiliki blog otomotif bernama Aripitstop menyebutkan telah beberapa kali memodifikasi mesin Lexi 155 cc. Bengkel milik Ari yaitu Zona Speed bisa ditemukan di Jalan Raya Mahakam No. 35, Jati Melati, Bekasi, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.