Modifikasi Mesin Yamaha Lexi Jadi 155 cc, Tak Sampai Rp 1 Juta!

Modifikasi Mesin Yamaha Lexi Jadi 155 cc, Tak Sampai Rp 1 Juta!

 

Meningkatkan performa Yamaha Lexi 125 ternyata dapat menggunakan blok piston dari Yamaha Aerox 155. Dengan demikian kubikasi mesinnya pun turut berubah menjadi 155 cc. Kira-kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi seperti ini?

Ariyanto selaku pemilik bengkel Zona Speed mengatakan ubahan sederhana membuat Yamaha Lexi 155 cc cukup mengubah blok seher milik Aerox saja. Pemasangan pun cukup sederhana karena sudah plug-and-play (PNP) dan tidak banyak komponen yang harus diubah. Bahkan untuk lebih sederhananya, bagian kepala silinder tetap menggunakan komponen dari Lexi.

   Baca Juga: Bikin Yamaha Lexi 155 cc Pakai Mesin Aerox, Bisa PNP?

"Jadi kalau untuk pemasangan itu PNP, untuk blok sehernya kita pakai punya Aerox dan sehernya juga punya Aerox. Karena sebenarnya langkah antara Lexi dan Aerox kan sama, langkah setang pistonnya ya. Jadi misalnya Lexi mau upgrade 155, itu secara sederhananya sih cuma ganti blok seher saja," pungkas Ariyanto kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Rangka dan Mesin All New NMax 155 model 2020

Mengenai biayanya, Ari yang pernah mengerjakan Yamaha Lexi 155 cc menyebutkan untuk blok seher saja sudah habis sekitar Rp 800 ribuan. Angka tersebut sudah termasuk jasa bongkar pasang mesin. Namun jika ingin lebih maksimal, harus kembali mengeluarkan biaya untuk membeli injektor dan camshaft Yamaha Aerox.

   Baca Juga: Yamaha Lexi Pakai Blok Silinder Aerox, Apa Saja Ubahannya?

"Kalau mau lebih maksimal lagi, itu ganti noken as-nya Aerox. Sekalian ganti injektornya punya Aerox juga, jadi debit bensinnya kan mengikuti kapasitasnya yang sudah besar. Tapi kalau sampai ganti injektornya itu sekitar Rp 1,1 jutaan. Itu sudah komplit jasa. Kemudian ada penambahan air radiator, paking head, paking blok," pungkasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id