Motor Terparkir Lama, Tangki Bensin Sebaiknya Penuh atau Justru Kosong?

Motor Terparkir Lama, Tangki Bensin Sebaiknya Penuh atau Justru Kosong?

Motor menjadi salah satu pilihan transportasi sehari-hari yang cepat dan murah. Tak hanya sekadar digunakan, motor tentunya perlu mendapat perawatan agar performanya tetap terjaga. Tak hanya yang sering digunakan, perawatan juga diperlukan pada motor yang jarang dipakai, salah satunya komponen tangki bensin.

   Baca Juga: Hal-Hal yang Membuat Anda Tak Lagi Berkendara Menggunakan Earphone, Apa Saja?

Jika tak dirawat, tangki bensin berpotensi mengalami karat dan menyebabkan kebocoran. Lantas, ketika motor jarang digunakan, sebaiknya tangki bahan bakar terisi penuh atau dibiarkan kosong?

All New Honda Beat 2016 Tangki Bensin

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor, Cinere, Depok pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, sebaiknya tidak membiarkan tangki bensin motor yang jarang dipakai dalam kondisi kosong.

   Baca Juga: Jenis Kompon Ban yang Disarankan untuk Penggunaan Harian

"Disarankan penuh. Hal ini dikarenakan untuk menghindari adanya embun atau air di dalam tangki bahan bakar," kata Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ribut menambahkan, selain merawat tangki bahan bakar, motor yang berdiam lama di rumah juga perlu dipanaskan. "Cukup rutin dipanaskan selama dua hingga tiga menit. Untuk cabut aki tidak perlu, kecuali motor ditinggal lama atau tidak ada yang memanaskan motor atau mesin," jelasnya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id