Jenis Kompon Ban yang Disarankan untuk Penggunaan Harian

Jenis Kompon Ban yang Disarankan untuk Penggunaan Harian

Ban menjadi salah satu komponen motor yang perlu diperhatikan saat berkendara. Hal ini diperlukan untuk memberikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan ketika melakukan perjalanan sehari-hari. Ban sendiri umumnya terdiri dari berbagai macam lapisan konstruksi, salah satunya compound atau kompon.

Kompon ban motor sering dijumpai dengan tiga tipe, yakni soft, medium, dan hard. Nah, kira-kira kompon apa yang cocok untuk digunakan pada motor harian? Jimmy Handoyo selaku FDR Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) pun memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Cara Membaca Kode Ukuran Ban Motor, Sudah Tahu?

"Untuk berkendara harian sebaiknya menggunakan ban dengan kompon regular, karena telah diuji optimal untuk penggunaan harian, baik dari segi safety dan ekonomis. Namun apabila konsumen ingin ban yang lebih 'nge-grip' bisa menggunakan kompon racing, tetapi harganya lebih mahal," ucap Jimmy pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

 

Nah, kira-kira apa perbedaan dan manfaat dari beberapa tipe kompon ban yang ada di pasaran? Menurut Jimmy, kompon regular digunakan oleh ban-ban standar harian. Keunggulannya adalah lebih tahan lama dibandingkan kompon lainnya.

   Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi Honda PCX 150 dan PCX 160, Berapa Beda Tenaganya?

"Kompon soft biasanya digunakan untuk ban balap karena daya cengkram yang baik untuk kecepatan tinggi, namun wearlife yang lebih pendek. Kompon intermediate di antara kedua kompon tersebut, biasanya dipakai untuk motor sport dan high performance karena setingkat di bawah soft kompon dengan wearlife yang lebih lama," jelas Jimmy.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id