Seberapa Sering Rantai Harus Dilumasi Saat Musim Hujan?

Seberapa Sering Rantai Harus Dilumasi Saat Musim Hujan?
Minggu, 3 Oktober 2021 10:00
Brian

Musim hujan menjadi kondisi yang cukup dilematik bagi para pengendara sepeda motor. Bukan hanya harus mempersiapkan jas hujan, namun kondisi motor juga perlu diperhatikan. Terutama bagian rantai pada motor manual yang membutuhkan pelumasan.

Sutrisno selaku pemilik bengkel Jawa Motor di daerah Palmerah Barat mengatakan setelah digunakan hujan-hujanan, rantai harus dilumasi kembali. Menurut Tris sapaan akrabnya, rantai memiliki komponen yang bergesekkan. Sehingga ketika terkena hujan, pelumas akan luntur dan terdapat kotoran yang hinggap.

   Baca Juga: Rutin Diganti, Berikut 3 Fungsi Oli Mesin pada Motor

"Seharusnya setiap habis hujan itu dilumasi, soalnya pelumas yang sebelumnya kan luntur terkena hujan kan. Intinya kan komponen yang bergesekkan itu harus diberi pelumas. Gitu saja sih," ujar Tris saat ditemui OtoRider beberapa waktu lalu.

Chainlube melumas rantai motor

Selain itu tris menyarankan untuk tidak membersihkan rantai dari kotoran dan debu jalanan menggunakan bensin. Biasanya bensin kerap digunakan untuk membersihkan rantai karena dinilai lebih mudah. Namun hal ini justru dapat merusak komponen yang terdapat di dalam rantai.

   Baca Juga: Cara Mengecek Oli Transmisi Motor Matik, Cukup Pakai Obeng!

"Rantai kan ada sil-sil karetnya gitu, kalau pakai bensin bisa bikin komponen tersebut menjadi melar. Kalau mau bersihin pakai produk chainlube gitu saja, semprot kan saja nanti bisa bersih. Atau pakai produk degreaser yang dedesain untuk membersihkan," pungkas Tris.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.