Tips Rawat Ban Motor, Berikut Tekanan Angin Ideal dan Jadwal Pengecekannya

Tips Rawat Ban Motor, Berikut Tekanan Angin Ideal dan Jadwal Pengecekannya

 

Perawatan rutin pada motor menjadi  cara untuk membuat performanya tetap terjaga. Salah satu komponen motor yang memerlukan perawatan secara berkala adalah ban. Perawatan ban motor sendiri cukup mudah, yakni hanya perlu menjaga tekanan angin ban tetap sesuai.

Perawatan pada ban diperlukan, baik untuk motor harian maupun yang terparkir lama serta jarang digunakan. Lantas, berapakah tekanan angin ban motor yang ideal dan kapan jadwal pengecekan rutinnya?

   Baca Juga: Diskon Hingga 30%, Berikut 12 Pilihan Jaket Touring A1am Gear

"Jangan lupa untuk cek kondisi ban, jika motor diparkir terlalu lama berdampak pada tekanan anginnya bisa berkurang bahkan kempes. Disarankan untuk menambahkan tekanan angin dengan ukuran standar dari pabrikan. Dengan rata-rata ukuran 29,0 psi untuk ban depan dan 33,0 psi untuk ban belakang," jelas Hasan Ardiansyah, Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta.

Tekanan angin ban motor/ nitrogen

Sementara itu, Bagus Ardian selaku Big Engine Motorcycle Head Department Planet Ban memberikan jadwal rekomendasi pengecekan rutin tekanan angin ban. Menurutnya, tekanan angin ban yang tidak sesuai akan mengakibatkan konstruksi ban tersebut rusak. Terlebih, ketika motor digunakan sehari-hari dengan beban yang berat.

   Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2021 Usai Seri Inggris: Kandidat Juara Kian Jelas

"Kalau bicara ban untuk harian, perawatannya cukup mudah. Selalu cek tekanan angin. Jadi minimal itu dua minggu sekali dicek tekanan anginnya. Karena memang angin ini sifatnya bisa berkurang ya. Apalagi motor dipakai sehari-hari, kemudian mengangkut beban," jelas Bagus pada OtoRider beberapa waktu lalu.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id