Berikut Tanda-Tandanya Ban Motor Harus Segera Diganti

Berikut Tanda-Tandanya Ban Motor Harus Segera Diganti

 

Ban merupakan komponen sepeda motor yang sangat penting karena bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh karenanya, ban perlu diperiksa dengan teliti karena menyangkut keselamatan dan kenyamanan berkendara. Lantas apa saja tanda-tanda ban sepeda motor harus segera diganti?

Ade Rohman selaku Technical Service PT Daya Adicipta Motora mengatakan tanda ban harus diganti bisa dilihat dari Tread Wear Indicator (TWI). TWI merupakan tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. "Karena ini akan mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan berkendara, sehingga menghindari potensi risiko kecelakaan di jalan raya," ujar Ade.

   Baca Juga: Cara Mengetahui Motor Matic Bekas yang Sudah Kena Banjir

Selanjutnya tanda kedua ban sudah harus diganti adalah lewat batas pemakaian. Ade mengatakan jika sudah mencapai 12.000 kilometer, disarankan untuk mengganti ban yang baru. Meski demikian, angka tersebut belum pasti karena bisa dipengaruhi ole kondisi jalan, berat muatan, hingga cara pemakaiannya.

Ilustrasi Pengecekan ban

Ketiga Ade berpendapat, usia ban motor juga berpengaruh terhadap kualitasnya. Menurutnya usia ban motor ideal adalah maksimal 2 tahun pemakaian, jika sudah lebih maka disarankan untuk menggantinya. "Ban sudah melebihi batas usia akan mengalami beberapa kendala seperti cengkraman kurang maksimal hingga timbul retak," lanjutnya.

   Baca Juga: Jangan Salah Beli, Berikut Cara Mengukur Helm yang Tepat

Terakhir, Ade menyarankan apabila ban mengalami kebocoran dari benda tajam seperti paku, pecahan kaca, dan lainnya harap segera diganti. Terutama jika sudah mengalami kebocoran sebanyak dua kali akibat terkena benda tersebut. Menurut Ade hal ini berpengaruh pada kinerja ban yang menjadi kurang optimal dan membuat kurang aman.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id