Tips Rawat Radiator Motor, Boleh Dipasangi Cover?

Tips Rawat Radiator Motor, Boleh Dipasangi Cover?
Kamis, 29 Juli 2021 12:00
Thio Pahlevi

Sistem pendingin cairan atau radiator menjadi salah satu komponen penting pada motor. Perangkat tersebut memiliki fungsi untuk menjaga kondisi mesin agar tetap stabil. Lantas, bagaimana cara merawat radiator itu sendiri?

Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) memberikan beberapa tips merawat radiator. Perawatan ini diperlukan agar radiator memiliki usia pakai yang cukup panjang dan terhindar dari kerusakan.

   Baca Juga: Morbidelli ke Monster Yamaha, Petronas: Kami Sudah Beri Lampu Hijau

"Jika radiator sudah mengalami kerusakan, maka dapat menyebabkan mesin mengalami panas berlebih atau overheat, serta dampak lain yang ditimbulkan yaitu kerusakan pada Cylinder Comp atau pun bagian lainnya. Oleh karena itu, kondisi radiator ini harus dijaga agar tetap awet dan bisa berfungsi secara optimal," jelas Ade.

Nah, apa saja hal-hal yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan untuk merawat radiator?

Radiator Motor

Pertama, Ade menghimbau untuk memeriksa secara rutin ketinggian permukaan air coolant di dalam tabung reservoir. Ketinggan air coolant ini harus selalu berada di antara garis upper dan lower

Proses pemeriksaannya, suhu mesin harus dalam kondisi dingin dan motor berada pada posisi standar tengah. "Jika kapasitas air coolant di dalam reservoir tank kurang dari standar, tambahkan cairan khusus air coolant sampai ke batas garis upper," kata Ade.

Radiator Motor

Selanjutnya, kuras cairan air coolant secara berkala sesuai dengan petunjuk pada buku servis masing-masing tipe motor. "Setiap tipe mempunyai periodical maintenance yang berbeda, untuk mengetahuinya harus dilihat dari jadwal maintenance per tipe sepeda motor di buku servisnya masing-masing," ujar Ade.

   Baca Juga: Pakai Basis Mesin Serupa Ninja ZX-25R, Kawasaki Diduga Kembangkan Z250RS

Perawatan ketiga, rutin membersihkan kisi-kisi atau sirip pendingin radiator dari adanya kotoran yang menempel, seperti lumpur atau debu. Perhatikan juga cara pembersihannya agar tidak merusak sirip radiator tersebut.

Terakhir, dilarang menggunakan cover radiator variasi yang menutupi keseluruhan badan radiator. "Hal ini akan mengganggu kinerja dari sistem pendinginannya sehingga performa mesin sepeda motor dapat cepat menurun dan mengalami kerusakan," ucap Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.