3 Tips Merawat Rem Cakram Motor, Salah Satunya Bisa Dikerjakan Sendiri

3 Tips Merawat Rem Cakram Motor, Salah Satunya Bisa Dikerjakan Sendiri

 

Kinerja sistem pengereman motor yang optimal tentu menjaga aktivitas berkendara menjadi aman dan nyaman. Sistem pengereman sendiri umumnya terdapat dua tipe, yakni tromol dan cakram. Pada motor keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan rem tipe cakram.

   Baca JugaDaftar Harga Lengkap Motor Matic 125 cc Yamaha per Mei 2022

Agar tetap bekerja maksimal, rem cakram juga memerlukan pengecekan serta perawatan secara berkala. Lantas, bagaimana tips merawat rem cakram motor? Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa caranya.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

"Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor. Karena itu kami memberikan beberapa cara perawatan, khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor," ujar Muslian dalam keterangan tertulis.

Perawatan yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan kampas dan penggantian minyak rem secara berkala. Muslian mengatakan umumnya penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika telah mencapai jarak 24.000 km. Selain itu, indikasi lainnya ditunjukkan melalui warna dari minyak rem yang sudah berubah menjadi semakin gelap.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Tips selanjutnya adalah membersihkan kaliper. Posisinya yang terbuka serta dekat dengan roda membuat rem cakram mudah terkena debu, bahkan kotoran bisa ikut menempel pada kampas atau piston. Kondisi ini tentunya mempengaruhi kinerja rem menjadi tidak maksimal, sehingga Muslian menghimbau pengendara melakukan pembersihan pada bagian tersebut.

   Baca Juga: Adu Kencang Honda Genio vs Benelli Panarea: Beda Mesin, Hasil Mirip

Muslian menambahkan jika handle rem terasa berat saat ditekan, bisa diperiksa atau ganti seal master rem bagian atas. Selain itu, pengendara juga dapat segera menghubungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan perawatan dan penggantian komponen pada bagian tersebut.

Terakhir, perhatikan bagian kaliper agar selalu dalam kondisi baik. Jika komponen ini bermasalah, efek yang cukup terasa adalah menurunnya kualitas pengereman serta kerja handle rem menjadi berat atau bahkan bisa membuat rem blong. Muslian mengatakan pastikan kaliper pada motor selalu dalam kondisi baik serta lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id