5 Cara Mudah Merawat Motor Matic, Cek Bagian-Bagian Ini!

5 Cara Mudah Merawat Motor Matic, Cek Bagian-Bagian Ini!

 

Motor matic saat ini mendominasi penjualan kendaraan roda dua di Indonesia. Motor matic sendiri menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam menunjang aktivitas harian. Nah, agar performanya tetap maksimal, motor matic juga perlu mendapatkan perawatan serta pengecekan secara berkala.

   Baca Juga: Ride and Camp Royal Enfield: Serunya Motoran dan Kemah Bersama

Tak harus ke bengkel, perawatan motor matic juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta pun membagikan lima tips merawat motor bertransmisi otomatis atau matic. Lalu, bagaimana caranya?

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Pertama, rutin memanaskan mesin motor. Salah satu tujuan memanaskan mesin motor adalah membuat sirkulasi oli tetap terjaga. Mesin pun akan terlindungi karena terlumasi oli. Untuk memanaskan motor matic, Anda bisa melakukannya sekitar 5-10 menit jika tidak digunakan.

Tips berikutnya adalah rutin mencuci motor. Selain membuat motor tetap terlihat kinclong, rajin mencuci dan membersihkan juga dapat meminimalisir kemungkinan karat pada bagian komponen yang terbuat dari besi.

Ilustrasi Cuci Motor

Ketiga, cek kondisi aki motor. Aki saat ini menjadi salah satu komponen penting pada motor, terlebih motor dengan teknologi mesin injeksi. Pengecekan kondisi aki, khususnya tegangan ideal dapat dilihat melalui fitur voltmeter yang umumnya sudah tersedia di panel instrumen motor keluaran terbaru.

Tips yang keempat adalah cek bahan bakar. Pada motor matic dengan teknologi mesin injeksi sangat pantang kehabisan bahan bakar. Hal ini dikarenakan dapat berpotensi mengganggu kinerja injektor. Oleh sebab itu, dihimbau agar tangki selalu terisi.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

   Baca Juga: Harga Baru Honda Vario 125 dan 160 per Juni 2022, Naik Rp 350 Ribu

Terakhir, cek kondisi oli mesin. Caranya dengan mencelupkan dipstik atau tangkai penunjuk volume oli ke dalam bak penyimpanan oli untuk melihat apakah jumlah oli sudah cukup atau justru kurang. "Untuk kondisi oli, pastikan rutin mengganti agar performa mesin tetap terjaga," ujar Hasan.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id