6 Tips Aman dan Nyaman Berkendara Motor Jarak Jauh, Sudah Dilakukan?

6 Tips Aman dan Nyaman Berkendara Motor Jarak Jauh, Sudah Dilakukan?
Senin, 2 Mei 2022 10:00
Thio Pahlevi

Motor menjadi salah satu pilihan transportasi harian yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain berkendara jarak dekat, tak jarang pemilik motor menggunakannya untuk perjalanan jauh atau bahkan touring. Agar berkendara tetap aman dan nyaman, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara motor.

Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun membagikan beberapa tips berkendara aman serta nyaman, khususnya untuk perjalanan jarak jauh. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan mulai dari kondisi fisik pengendara hingga motor itu sendiri.

   Baca Juga: Federal Oil Selenggarakan Mudik Gratis untuk Para Mekanik di Jabodetabek

1. Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima

Lakukan pemeriksaan kondisi motor sebelum berkendara, seperti pengecekan oli, lampu, dan kelistrikan serta kondisi ban. Pastikan sistem penerangan juga berfungsi dengan baik untuk berkendara di malam hari.

SIM

2. Pastikan membawa surat-surat berkendara

Guna mendukung kenyamanan, pastikan Anda selalu membawa dan memeriksa masa berlaku surat berkendara yang meliputi Surat Izin Mengemudi (SIM) serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

3. Membawa barang secukupnya

Pengendara dihimbau untuk membawa barang sesuai dengan kapasitas motor yang disarankan pabrikan. Pengendara juga dapat memanfaatkan bagasi motor yang luas atau menggunakan tambahan box untuk membantu membawa muatan lebih banyak.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

4. Pahami rute perjalanan

Pengendara disarankan merencanakan rute perjalanan dan mencari informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilewati sebelum mulai berkendara. Hal ini diperlukan agar perjalanan lebih tenang dan tidak mengganggu pengendara lainnya. Jika pertama kali mengunjungi wilayah baru, jaga kecepatan berkendara.

5. Menjaga kondisi fisik tetap prima sebelum dan saat berkendara

Pastikan pengendara beristirahat cukup dengan tidur lebih awal sebelum melakukan perjalanan. Jika merasa lelah, disarankan berhenti untuk beristirahat setidaknya setiap 2 jam sekali sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ABS

   Baca Juga: Arti T pada Mesin Revolution Max 1250T Harley-Davidson Sportster S

6. Patuhi peraturan lalu lintas dan gunakan riding gear

Keselamatan dimulai dari diri sendiri. Maka, diharapkan setiap pengendara tetap disiplin mengikuti peraturan dan rambu lalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Selain itu, gunakan riding gear atau perlengkapan berkendara lengkap seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, masker, dan pakaian yang nyaman saat berkendara. Hindari menggunakan celana pendek dan sandal. Saat musim hujan, disarankan membawa jas hujan dengan model setelan atas dan bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.