Apa Benar Rajin Cuci Motor Bisa Bikin Shock Breaker Awet?

Apa Benar Rajin Cuci Motor Bisa Bikin Shock Breaker Awet?

 

Shockbreaker berfungsi untuk meredam guncangan dan membuat motor tetap stabil. Dengan adanya shockbreaker, maka roda, bodi, dan komponen lain tidak akan terguncang secara berlebihan. Nah, ada yang bilang dengan rajin mencuci motor, shock breaker akan lebih awet, apakah benar?

Ari Kuncahyo selaku Staff TDR dan YSS Racing membenarkan jika rutin mencuci motor dan tidak membiarkan dalam keadaan kotor, shockbreaker bisa lebih awet. "Soalnya penyebab seal shock cepat rusak itu rata-rata disebabkan oleh kotoran yang menempel di bagian as shock, menggesek dan membuat seal robek," ucap Ari kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Efek Negatif Biarkan Kampas Rem Tromol Habis, Bisa Ganti Pelek

Rajin Cuci Motor Bikin Shock Awet

Jika seal sudah robek, maka dampaknya oli shock akan keluar dan berpotensi rembes. "Kalau oli shock berkurang tentunya akan merusak komponen shock lain. Performanya pun sudah tidak akan baik lagi," jelas Ari.

Selain itu, apabila shock dalam kondisi bocor lalu dibiarkan, juga berisiko akan merusak as shockbreaker-nya. "Jika shock sudah mulai terlihat ada rembes, jangan dibiarkan! Segera ganti seal-nya. Kalau tidak, as shockbreaker bisa kena dan baret," tuturnya.

Rajin Cuci Motor Bikin Shock Awet

Jadi, dengan rutin mencuci motor dan selalu bersih, terutama di area shock, ternyata bisa bikin shockbreaker awet. Hal ini karena bagian seal tidak mudah rusak. Tapi jika malas mencuci motor, bisa dengan cara menjaga kebersihan shockbreaker-nya saja.

   Baca Juga: Per Kampas Rem Motor Perlu Rutin Diganti, Efeknya Bikin Ngeri

"Kadang kan pemilik motor capek pulang kerja harus cuci motor. Sebaiknya bagian shockbreaker-nya saja cukup disemprot dengan air dan dilap sampai bersih. Itu sudah cukup mencegah shock cepat rusak," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id