Apa Efeknya Jika Oli Samping Dipakai Buat Pelumas Shock Breaker?

Apa Efeknya Jika Oli Samping Dipakai Buat Pelumas Shock Breaker?
Selasa, 31 Mei 2022 14:00
Ruslan Abdul Gani

Shock breaker pada motor juga perlu dilakukan perawatan secara berkala agar performanya tetap terjaga dengan baik. Salah satu perawatan yang harus rutin dilakukan ialah rutin mengganti oli shock.

Seiring usia pakai motor, volume dan kualitas oli shockbreaker akan berkurang dan membuat kinerjanya menjadi tidak maksimal. Namun, ada saja pemilik motor yang mencoba memakai oli samping buat mengganti oli shock breaker depan motor. Lalu, apakah boleh digunakan dan bagaimana efeknya?

Dijelaskan Eko Cahyono selaku pemilik Klinik Shock, oli samping sebaiknya jangan digunakan meski kekentalannya hampir mendekati oli shock.

Efek Mengisi Oli Shock Terlalu Banyak

"Memang kalau dilihat dari kekentalan tidak jauh berbeda antara oli samping dengan oli shock depan. Namun dalam jangka waktu yang panjang, oli samping itu bisa bikin seal shock depan jadi kurang awet," ujar Eko Cahyono saat ditemui OtoRider di wilayah Krukut, Depok, Jawa Barat.

Kemudian, Eko menerangkan oli samping itu sifatnya panas kalau terkena kompresi seperti di shock breaker. “Makanya seal shock breaker jadi cepat rusak disebabkan oleh sifat oli samping yang panas tersebut,” jelas Eko.

“Jadi lebih baik pakai oli yang memang khusus shock daripada nanti malah banyak komponen rusak, mahal buat perbaikinya,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.