Biar Makin Tahu, Ini Bedanya Minyak Rem Motor DOT 3 dan 4

Biar Makin Tahu, Ini Bedanya Minyak Rem Motor DOT 3 dan 4

 

Sistem pengereman pada motor didukung oleh beberapa komponen. Pada pengereman dengan sistem hidrolis atau cakram memerlukan minyak rem agar bisa bekerja.

Bicara soal minyak rem, komponen ini memiliki spesifikasi dengan standar DOT (Departement Of Transportation). Spesifikasi tersebut umumnya tersedia dua tipe, yakni DOT 3 dan 4. Lantas, apa perbedaan spesifikasi itu?

   Baca Juga: Pilihan Warna Lengkap Motor Ikonik Honda: Monkey, Dax, C125, dan CT125

Ahok Chandra selaku Supervisor Marketing Laris Chandra Group yang merupakan distributor minyak rem STP dan Prestone menjelaskan salah satu perbedaannya terletak pada titik didih yang bisa dicapai.

Biar Makin Tahu, Ini Bedanya Minyak Rem DOT 3 dan 4

   Baca Juga: Punya Warna Baru, Simak Spek Lengkap Kawasaki W800 dan W800 Cafe

"Pada minyak rem DOT 3 titik didihnya bisa mencapai 237 derajat celcius. Sedangkan, DOT 4 titik didihnya lebih tinggi lagi bisa mencapai 266 derajat celcius," kata Ahok kepada OtoRider di ajang GIIAS 2022 yang berlokasi di ICE BSD, Tangerang.

Lebih lanjut, Ahok menjelaskan perbedaan yang kedua terletak pada bahan baku yang digunakan. "Untuk minyak rem DOT 3 itu terbuat dari bahan poly glycol yang sangat mudah menyerap air, sedangkan DOT 4 terbuat dari glycol ether," jelasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id