Bukan Bikin Rem Makin Pakem, Ketahui Cara Kerja Sistem ABS

Bukan Bikin Rem Makin Pakem, Ketahui Cara Kerja Sistem ABS

 

Perkembangan teknologi pada sepeda motor semakin meningkat dari generasi ke generasi. Salah satunya adalah pengereman yang kini telah dilengkapi dengan sistem pengaman Anti-lock Braking System (ABS). Namun banyak yang belum mengerti cara kerja dari sistem pengaman rem yang satu ini.

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers mengatakan sistem pengereman ABS mencegah roda terkunci. Biasanya pada saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak, terdapat potensi slip atau sliding. Sehingga dengan adanya ABS turut menjaga keseimbangan motor agar lebih mudah dikendalikan.

   Baca Juga: Kurangi Tekanan Angin Ban Motor Saat Cuaca Hujan, Boleh Dilakukan?

"Hadirnya sistem pengereman ABS turut membantu dalam keselamatan berkendara pengguna sepeda motor. Sistem ABS akan selalu mendeteksi sensor pada roda depan dan belakang," ujar Muslian dalam keterangan tertulis.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ABS

Seperti yang disebutkan oleh Muslian, sensor akan mendeteksi pengurangan kecepatan tiba-tiba karena pengereman mendadak. Kemudian sistem ABS akan mengurangi tekanan pada sistem rem, sehingga dapat mencegah kemungkinan roda terkunci. Dengan demikian motor akan menjadi lebih stabil dan mudah dikendalikan.

   Baca Juga: Perbandingan Konsumsi Honda CB150X vs CB150R Streetfire, Mana Lebih Irit?

Sayangnya tidak semua sistem pengereman memiliki teknologi ABS ini. Biasanya teknologi ABS terdapat pada motor dengan pengereman sistem hidrolik atau disc brake. Sementara jika masih menggunakan sistem mekanik tromol, biasanya tidak menggunakan pengereman ABS.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id