Busi Motor Habis Terkena Air, Apa Masih Bisa Digunakan Lagi?

Busi Motor Habis Terkena Air, Apa Masih Bisa Digunakan Lagi?

 

Kelistrikan sepeda motor terdapat beberapa komponen penunjang untuk bisa bekerja, salah satunya ialah busi. Komponen ini memiliki peran penting untuk memantik pembakaran di ruang mesin.

Melihat letaknya yang berada di luar mesin, busi juga bisa berpotensi basah jika terkena air hujan. Lantas, apakah busi yang sudah terkena air masih bisa digunakan?

   Baca Juga: Klasemen Kejuaraan Konstruktor dan Tim MotoGP 2022 Usai Seri Amerika

Dijelaskan Diko Octaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, busi yang terkena air sebenarnya masih bisa digunakan namun dengan beberapa persyaratan.

Busi Motor

“Untuk busi yang sudah terkena air sebenarnya busi itu tidak langsung mati dan masih bisa digunakan, asal dikeringkan terlebih dahulu,” ucap Diko saat ditemui OtoRider belum lama ini.

   Baca Juga: Apa Bedanya Busi Panas dan Dingin? Berikut Penjelasannya

Lebih lanjut, Diko menjelaskan dalam melakukan pengeringan harus secara teliti. “Saat pengeringan harus teliti, yang pertama bagian elektroda tengah dan terminal yang terhubung dengan tutup busi,” ujarnya.

Busi yang habis terkena air harus segera dikeringkan tujuannya yakni untuk mencegah korosi. “Bagian metal shell atau drat yang ada di busi itu kan dari besi, bila tidak segera dikeringkan lama kelamaan akan muncul korosi, kalau sudah korosi busi akan sulit dibuka.” terangnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id