Cara Atasi Penyakit Bunyi Berdecit yang Sering Timbul di Vespa Matic

Cara Atasi Penyakit Bunyi Berdecit yang Sering Timbul di Vespa Matic

 

Salah satu masalah yang sering terjadi di Vespa matic ialah timbul suara berdecit dari area CVT pada saat tarikan gas awal. Tak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, suara berisik tersebut tentu bikin khawatir yang mungkin jadi tanda terjadinya kerusakan komponen. 

Fajri selaku Mekanik dari Bellissimo Indonesia mengatakan Vespa matic timbul suara berdecit dari area CVT itu disebabkan oleh kondisi bahan kampas ganda yang kurang bagus. "Bahan kampas ganda bawaan pabrik sepertinya terlalu keras sehingga cepat terjadi slip," ucap Fajri saat ditemui OtoRider di Serpong, Tangerang Selatan.

   Baca Juga: Inspirasi Kustomisasi Moto Guzzi New V7 Stone Gearhead Monkey Garage

Segini Biaya Yang Diperlukan Buat Pasang Kampas Ganda Pantekan

Lebih lanjut, Fajri menambahkan masalah tersebut sering muncul di Vespa matic keluaran terbaru. "Lebih sering di motor-motor baru, kalau keluaran lama paling masalahnya gredek," ujar Fajri.

Kemudian, untuk mengatasi masalah berdecit tersebut, biasanya Fajri melakukan penggantian atau memodifikasi bagian tapak kampas gandanya. "Kalau ingin budget-nya minim biasanya dilakukan pantek atau relining kampas ganda menggunakan bahan yang berbeda dan dibuat tapak kampasnya lebih lebar dari standar bawaan pabrik," jelasnya.

kampas polini

   Baca Juga: KTM RC390 dan RC200 Punya Warna Baru, Nuansa Tech3 MotoGP

Selain itu, cara yang lebih mudah bisa dengan mengganti dengan kampas ganda buatan aftermarket. "Buat yang punya budget lebih biasanya saya sarankan pakai kampas ganda merek Polini ataupun Malossi, bisa sepatu kampasnya saja ataupun satu set," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id