Cara Mendirikan Motor yang Jatuh Seorang Diri, Bagaimana Tipsnya?

Cara Mendirikan Motor yang Jatuh Seorang Diri, Bagaimana Tipsnya?

 

Setiap pengendara motor harus waspada terhadap segala kemungkinan. Termasuk risiko terjatuh ketika motor tengah dikendarai atau diparkir. Lantas, bagaimana cara mendirikan motor yang terjatuh, khususnya saat Anda hanya seorang diri?

Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) pun membagikan beberapa tipsnya. Ia mengatakan saat mengangkat motor yang terjatuh, tidak boleh menggunakan cara yang salah. Karena, hal tersebut bisa berakibat fatal pada tubuh.

   Baca Juga: Biaya Ubah Rem Belakang Scoopy Jadi Hidrolik

"Setiap sepeda motor memiliki beban berat yang berbeda-beda, motor yang lebih besar atau motor gede (moge) tentu memiliki bobot yang jauh lebih berat dari motor lainnya, dalam keadaan terjatuh kita tidak boleh mengangkat motor dengan menggunakan cara yang salah, karena bisa berakibat fatal bagi tubuh kita," ujar Demmy.

Tips mendirikan motor terjatuh

Bila motor jatuh ke sebelah kiri, yang harus dilakukan pertama adalah mengecek roda belakang apakah sudah terkunci atau belum. Jika belum, Anda bisa menarik atau menginjak tuas gigi, sehingga roda akan terkunci.

Selanjutnya, angkat motor memakai bagian bokong atas yang disandarkan pada jok. Kemudian, tangan kanan memegang setang dan tangan kiri memegang behel motor atau bodi motor bagian belakang dengan lurus. Bagian tubuh yang bertugas mendorong motor untuk berdiri adalah kaki. Setelah motor berdiri, segera turunkan standar samping motor.

   Baca Juga: Tabel Klasemen Pembalap, Tim, dan Konstruktor MotoGP Jelang Silverstone, Inggris

Sementara itu, jika motor jatuh ke kanan, turunkan standar samping. Selanjutnya, pengendara dapat melakukan teknik yang sama seperti ketika motor terjatuh ke sebelah kiri. Otot yang bekerja penuh ketika membangunkan motor adalah kaki.

Pastikan juga punggung Anda dalam keadaan lurus. Karena, apabila posisinya salah akan membuat punggung sakit, bahkan berakibat fatal untuk tubuh Anda. Lebih lanjut, yang paling penting ketika motor terjatuh adalah tetap tenang dan jangan panik. 

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id