Cara Merawat Rem Cakram Motor, Periksa dan Ganti Bagian Ini!

Cara Merawat Rem Cakram Motor, Periksa dan Ganti Bagian Ini!
Kamis, 12 Mei 2022 09:45
Thio Pahlevi

Rem cakram saat ini menjadi salah satu peranti standar keamanan yang tersemat pada motor keluaran terbaru. Agar tetap bekerja optimal, rem cakram juga memerlukan pemeriksaan dan penggantian komponen secara berkala. Lalu, bagaimana cara merawat rem cakram pada motor?

Muslian selaku Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) pun membagikan beberapa tips merawat rem cakram motor. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengecek dan mengganti minyak rem secara berkala.

   Baca Juga: Mesin Baru di Harley-Davidson Sportster S Tak Lagi Pakai Pushrod

Muslian mengatakan rutin memeriksa kampas dan mengganti minyak rem berguna untuk menjaga kinerja sistem pengereman motor tetap optimal. Nah, kapan sebaiknya minyak rem diganti dan apa saja indikasi komponen tersebut sudah tak layak pakai?

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Umumnya, jelas Muslian, penggantian minyak rem dilakukan setiap dua tahun sekali atau jika sudah mencapai jarak 24.000 km. Kondisi lainnya ketika warna minyak rem sudah mengalami perubahan menjadi semakin gelap, sehingga membuat kualitas minyak rem sudah jelek dan harus diganti.

   Baca Juga: Adu Kencang Benelli Panarea vs Vespa S 125 i-get, Unggul Siapa?

"Fungsi rem tentunya sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara sepeda motor. Jika kinerja rem terganggu, maka dapat membahayakan keselamatan berkendara pengguna motor. Karena itu kami memberikan beberapa cara perawatan, khususnya rem cakram agar mendukung kelancaran aktivitas menggunakan motor," kata Muslian dalam keterangan tertulis.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.