Cegah Rusak, Lakukan Hal Ini pada Lubang Kunci Motor!

Cegah Rusak, Lakukan Hal Ini pada Lubang Kunci Motor!

 

Pengecekan dan perawatan secara berkala tentunya perlu dilakukan oleh pemilik motor. Tak hanya area mesin, sejumlah komponen pun perlu mendapat perhatian. Salah satunya adalah bagian lubang kunci, baik kunci kontak maupun tutup tangki.

   Baca Juga: Berkenalan dengan Chip Semikonduktor yang Bikin Inden Motor Jadi Lebih Lama

Tomy Tambrani selaku Marketing Manager Rexco Indonesia pun membagikan beberapa tips merawat lubang kunci motor. Tak perlu ke bengkel, cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah dengan melumasinya.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

Tomy mengatakan anak kunci akan mudah seret atau macet jika lubang kunci kontak tidak pernah mendapatkan pelumasan secara berkala. Ia menghimbau untuk sesekali melumasi lubang kunci kontak dengan menyemprotkan cairan pelumas. Hal ini akan membuat kunci kontak bisa tetap berfungsi normal.

Namun, jangan memakai oli bekas sebagai pelumas. Jika ini dilakukan, oli bekas bisa berpotensi mengotori partikel-partikel di dalam kunci kontak. Selain itu, dihimbau untuk tidak memaksa memutar kunci kontak saat tiba-tiba macet. Pasalnya, tindakan itu berisiko membuat lubang kunci rusak dan longgar.

Yamaha All New R15 Connected dan All New R15 Connected-ABS

   Baca Juga: Harga Baru Honda Vario 125 dan 160 per Juni 2022, Naik Rp 350 Ribu

Tak hanya lubang kunci kontak, perawatan ini juga bisa dilakukan pada bagian tutup tangki yang memakai anak kunci sebagai pembuka. Ketika lubang kunci kontak atau tutup tangki sudah seret akibat berkarat, maka anak kunci akan mudah bengkok dan bisa berpotensi patah.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id