Hemat Biaya Bengkel, Simak Tips Pemeriksaan Visual Kondisi Aki Motor

Hemat Biaya Bengkel, Simak Tips Pemeriksaan Visual Kondisi Aki Motor

 

Aki atau baterai memiliki peranan penting bagi komponen kelistrikan pada motor. Agar tetap bekerja maksimal, aki juga perlu diperiksa dan dirawat secara berkala. Tak mesti harus dibawa ke bengkel, pengecekan juga bisa dilakukan sendiri di rumah oleh pemilik kendaraan. Hal ini tentunya bisa menghemat biaya bengkel sekaligus menjaga performa aki selalu optimal.

Ade Rohman selaku Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora memberikan beberapa tips merawat aki. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik motor adalah melakukan pemeriksaan visual kondisi aki tersebut.

   Baca Juga: Honda CB150X Di Bekasi Dapat Promo Voucher dan Potongan Cicilan

Pemeriksaan visual yang pertama adalah mengecek bagian terminal +/- aki. Ade menghimbau untuk memeriksa kondisi terminal baterai tersebut dari adanya kotoran, jamur ataupun benda asing lainnya yang dapat menghalangi aliran arus listrik, baik dari baterai ke sistem kelistrikan maupun sebaliknya. Jika terdapat kotoran atau jamur, bersihkan menggunakan air panas dan sedikit digosok memakai sikat tembaga atau sikat kawat.

Aki motor

Selanjutnya, periksa keretakan atau kerusakan pada baterai. Saat akan melakukan pemeriksaan baterai, usahakan kondisi baterai dibersihkan terlebih dahulu dari segala macam kotoran yang menempel. Sehingga, Anda dapat memeriksa kondisi visual baterai dengan baik.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Lengkap Honda CB300R 2022, Harga Mulai Rp 94 Jutaan

Tips berikutnya periksa kekencangan baut pengikat terminal baterai. Memeriksa kekencangan baut terminal baterai menjadi hal penting yang harus secara rutin dilakukan. Karena bagian ini berpengaruh terhadap sirkulasi arus listrik yang keluar dan masuk ke dalam baterai tersebut. 

"Jika diperlukan setelah baut terminal baterai tersebut dikencangkan bisa dioles menggunakan greese untuk menghindari adanya kemunculan jamur pada terminal baterai tersebut," ujar Ade.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id