Jangan Asal Pakai, Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Jangan Asal Pakai, Pilih Jaket yang Aman dan Nyaman Saat Berkendara

 

Menggunakan sepeda motor tentu harus memperhatikan beberapa hal lain sebelum mengendarainya. Salah satunya adalah riding gear yang tepat agar aman dan nyaman ketika berkendara. Terutama dalam memilih jaket, banyak yang kurang menyadari pentingnya sebuah jaket dalam kegiatan berkendara.

Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora sebagai main dealer Honda Jawa Barat memberikan tipsnya. Menurut Demmy, jaket merupakan riding gear yang penting untuk selalu digunakan. Mengingat jaket memiliki fungsi melindungi tubuh dari angin dan juga melindungi ketika terjadi kontak langsung dengan aspal saat kecelakaan.

   Baca Juga: Melintasi Jalan Off-Road Bisa Pakai Motor Trail Standar?

"Ketika berkendara, pengendara harus memilih jaket yang sesuai dengan ukuran badan. Cara memilih jaket motor disarankan tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Sebaiknya menggunakan jaket yang berukuran pas untuk memberikan kenyamanan ketika mengendarai sepeda motor," ujar Demmy dalam keterangan tertulis.

ilustrasi berkendara menggunakan jaket

Selain itu, Demmy menyarankan untuk memilih jaket yang dilengkapi velcro atau karet di bagian pergelangan tangan. Hal ini dapat meminimalisir ketika pengendara terjatuh, sehingga posisi bagian lengan tidak akan tertarik ke atas dan tetap dapat melindungi. Begitu juga bagian bawah jaket, lebih baik memiliki velcro atau karet di bawahnya.

   Baca Juga: Ukuran Ban Honda CB150X, Masih Serupa CB150R Streetfire?

Demmy juga menyarankan untuk menggunakan jaket dengan bahan yang cukup tebal, tidak disarankan menggunakan jaket berbahan kain yang tipis. Hal ini dikarenakan jaket berbahan tipis tidak melindungi dengan baik ketika insiden. Setidaknya pilih jaket yang dapat meminimalisir dampak buruk jika terjadi kecelakaan.

"Jaket yang sudah tersedia pelindung bagian sikut, dada, dan punggung juga jauh lebih baik dalam melindungi tubuh pengendara dan akan meminimalisir apabila terjadi kecelakaan," pungkasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id