Jangan Asal, Tekanan Angin Ban Motor Ada Patokannya

Jangan Asal, Tekanan Angin Ban Motor Ada Patokannya
Minggu, 6 Maret 2022 15:00
Ruslan Abdul Gani

Kondisi ban motor yang baik tentunya tidak luput dari tekanan angin yang sesuai di dalamnya. Namun, kebanyakan orang biasanya tidak terlalu memperdulikan seberapa besar ukuran tekanan angin yang dianjurkan. Terkadang hanya melihat dari fisiknya saja untuk mengetahui kurang atau tidak tekananya.

Setiap pabrikan motor pasti sudah mengatur tekanan angin ban standar sesuai dengan spesifikasi motor dan ban yang digunakan. Tekanan ban ini menjadi acuan pada saat mengisi angin ban. Ukuran tekanan angin ban pasti sudah diperhitungkan dari segi keselamatan, kenyamanan, kecepatan dan lainnya.

   Baca Juga: Ban Motor Sering Dibiarkan Kurang Angin, Bagaimana Efeknya?

“Buat ukuran tekanan angin ban motor yang dianjurkan biasanya sudah ada di motor, buat motor matic biasanya ada di dashboard, kalau bebek ada di swing arm,”ucap Abdul Malik, Service Advisor Rumah Ban Motor saat disambangi OtoRider.

Malik menjelaskan bahwa biasanya untuk setiap jenis motor memiliki anjuran tekanan angin yang berbeda-beda. Tekanan angin biasanya disesuaikan dengan bobot motor dan pengendaranya.

Tips Ban Motor

“Tekanan angin yang dianjurkan tiap motor berbeda-beda, untuk motor bebek dan matic 110cc biasanya kami memberikan tekanan angin 28 hingga 29 Psi dan belakang 31 hingga 32Psi,” sambung Malik.

Tekanan angin pada ban motor tentu harus pas, kalau tidak akan berdampak buruk. “kalau tekanan ban terlalu tinggi efeknya bakal bikin ban enggak nge-grip di aspal, dan parahnya lagi ban bisa melendung atau benjol,”ujarnya.

   Baca Juga: Berikut Pilihan Ban Dual Purpose Honda CB150X, Mulai Rp 300 Ribuan!

Sedangkan tekanan angin ban yang rendah juga memiliki efek negatif. “Tekanan angin yang rendah juga ada efek negatifnya, ban menjadi cepat retak-retak dan biasanya habisnya enggak rata,” tutupnya.

Nah, supaya akurat sebelum mengisi tekanan angin ban sebaiknya melihat buku petunjuk penggunaan motor atau melihat stiker ukuran tekanan angin yang ada di motor.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.