Ban Motor Sering Dibiarkan Kurang Angin, Bagaimana Efeknya?

Ban Motor Sering Dibiarkan Kurang Angin, Bagaimana Efeknya?
Sabtu, 5 Maret 2022 15:20
Ruslan Abdul Gani

Ban pada sepeda motor memiliki peran yang sangat penting, namun banyak disepelekan. Pasalnya ban menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung ke permukaan jalan. Selain itu, ban juga menopang berat motor, mendukung kestabilan, dan membantu daya cengkram.

Salah satu yang jarang diperhatikan ialah kondisi tekanan angin ban motor tidak sesuai rekomendasi pabrikan. Terkadang ban dalam kondisi tersebut tetap dipakai untuk jalan. Lantas, apa efek negatifnya?

   Baca Juga: Pilihan Ban Honda ADV150, Mulai dari Rp 300 Ribuan

Menurut Abdul Malik selaku Service Advisor Rumah Ban Motor, tekanan angin ban yang kurang tetapi tetap digunakan pasti akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman dan belok terasa berat. Ban yang kurang angin bakal membuat area ban yang menapak ke aspal lebih banyak.

“Motor yang kurang tekanan angin bannya pasti bikin kurang nyaman pas dikendarain, agak berat kalo mao belok, karena area ban yang napak ke aspal terlalu banyak,” ujar Malik.

Ilustrasi Pengecekan ban

Selain itu, ban yang terus dibiarkan kurang angin juga bisa menyebabkan ban habisnya tidak rata. Efek lain yang ditimbulkan juga ban akan mengalami retak pada bagian samping.

“Ban yang dibiarin kurang angin bisa bikin ban habisnya enggak rata, kadang dipinggir aja, kadang ditengah. Selain itu, ban bakal timbul retak-retak di area samping”, jelasnya.

   Baca Juga: 8 Aksesoris Resmi Honda Vario 160, Apa yang Paling Diminati?

Malik menambahkan efek yang ditimbulkan tidak hanya berdampak pada kondisi ban tetapi juga pada mesin. Kinerja mesin akan lebih ekstra dan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih boros.

“Biar enggak ngalamin kejadian seperti itu, lebih baik rutin cek tekanan angin ban. Idealnya seminggu sekali dicek,”tegasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.