Jangan Disepelekan! Ini Waktu Terbaik Ganti Busi Motor

Jangan Disepelekan! Ini Waktu Terbaik Ganti Busi Motor
Selasa, 13 Desember 2022 10:30
Afrizal Abdul Rahman

Busi menjadi komponen penting kendaraan yang harus diperhatikan. Sebab, komponen ini bekerja untuk meneruskan aliran listrik yang berasal dari koil dengan mengubahnya menjadi percikan api. 

Nantinya, percikan api tersebut menjadi komponen utama guna melakukan proses pembakaran. Bicara busi, ternyata terdapat beberapa tingkatkan mulai dari standar hingga iridium.

   Baca Juga: Perbandingan Harga Honda PCX 160 dan Yamaha NMax 155 Desember 2022

Nah, busi sendiri juga punya usia pakai. Ketika sudah melebihi ambang batas waktu, tentu dapat menimbulkan masalah pada kendaraan.

Busi NGK MotoDX 2021

"Busi biasa itu normalnya harus diganti pada 9.000 kilometer. Jadi, bisa langsung diganti ketika sudah menginjak angka tersebut," kata Budiman, Service Advisor Yamaha Depok kepada OtoRider baru-baru ini.

   Baca Juga: Canggih! Kamera Tilang ETLE Bisa Tahu Nama Pelanggar

Budiman mengatakan untuk busi iridium memiliki waktu yang lebih lama ketimbang biasa. Busi tersebut dibangun dengan elektroda pusat dan ground yang terbuat dari iridium. Selain itu, percikan yang dihasilkan juga lebih stabil. 

 

"Kalau Iridium itu waktunya lebih panjang bisa sampai 15.000 kilometer. Rasa motor juga berbeda, tapi harus disertai dengan bahan bakar yang bagus juga," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.