Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Ketika Berkendara Motor Saat Gempa

Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Ketika Berkendara Motor Saat Gempa

 

Pengendara roda dua perlu memerhatikan beberapa hal ketika terjadi bencana alam gempa bumi saat membawa motor. Salah satunya adalah tidak panik agar tetap aman. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana. Ia mengatakan sikap pertama yang harus diambil yaitu berhenti apabila tidak yakin dengan kondisi yang ada.

   Baca Juga: Suzuki Optimalkan Layanan Purna Jual Avenis 125

"Sikap yang harus diambil itu berhenti apabila tidak yakin tetap berjalan, atau memahami langkah berjalan pelan untuk mengembalikan shock akibat panik," katanya saat dihubungi OtoRider.

Yamaha All New NMax Manuver

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan pengendara yakni mencari tempat aman dan terbuka. Tujuannya, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. "Setelah terkontrol, cari tempat aman, dan segera evakuasi penumpang," tambahnya.

   Baca Juga: Digelar Perdana, Berikut Jadwal Buka-Tutup GIIAS Semarang 2022

Lebih lanjut, Sony menyarankan bagi pengendara yang berada di bantaran pantai bisa mengambil sikap, seperti mengarahkan kendaraan ke dataran tinggi. "Langkah lain itu ketika berada di bantaran pantai bisa arahkan kendaraan ke dataran tinggi, dan cari dataran yang flat atau rata agar tetap aman," tutupnya. 

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu bencana alam gempa bumi terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Dari beberapa video yang beredar di media sosial tak sedikit kendaraan yang terkena dampak.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id