Jangan Salah! Kenali 3 Kondisi Aki All New Honda Vario 160 Berikut Ini

Jangan Salah! Kenali 3 Kondisi Aki All New Honda Vario 160 Berikut Ini
Kamis, 12 Mei 2022 11:20
Thio Pahlevi

Aki atau baterai berperan penting dalam menjaga kinerja kelistrikan motor. Oleh sebab itu, umumnya motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan indikator aki pada panel instrumennya. Hal ini ditujukan guna memudahkan pengendara dalam memeriksa kondisi aki tersebut.

Fitur indikator aki salah satunya tersedia pada All New Honda Vario 160. Agar tetap bekerja optimal, terdapat tiga kondisi aki yang perlu diperhatikan oleh pemilik atau pengendara. Kondisi yang dikategorikan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) ini terdiri dari Baik, Warning, dan Jelek. Nah, apa bedanya?

   Baca Juga: Bingung Pilih Honda PCX 160 atau Yamaha NMax 155? Simak Harga Barunya!

Wahyu Budhi selaku Technical Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda Jakarta-Tangerang memberikan penjelasannya. Pada kondisi aki baik, angka tegangannya berada di atas 11,7 volt. Dalam kondisi ini, fitur ACG starter dapat difungsikan dengan mudah dan indikator aki pada panel instrumen bakal OFF.

Indikator tegangan aki Honda Vario 160

Sementara itu, kondisi aki warning ditandai dengan angka tegangan baterai 11,6 volt. Di kondisi tersebut fitur ACG starter masih bisa digunakan. Namun, selama mesin hidup, indikator aki akan menyala di panel instrumen meskipun terjadi pengisian baterai.

   Baca Juga: Tips Ampuh Mencegah Jok Motor Dicakar Kucing

Setelah kunci kontak diputar ke posisi OFF dan dinyalakan lagi, maka indikator aki di panel instrumen akan OFF. Kondisi ini terjadi apabila tegangan aki melebihi angka 11,6 volt.

Terakhir, kondisi aki jelek. Pada kasus ini, tegangan aki menunjukkan angka 11 volt. Fitur ACG starter pun tak bisa dihidupkan dalam kondisi tersebut. Selanjutnya, indikator aki pada panel instrumen juga bakal ON alias menyala.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.