Jangan Sembarangan Bersihkan Busi Tipe Iridium, Begini Risikonya!

Jangan Sembarangan Bersihkan Busi Tipe Iridium, Begini Risikonya!

 

Busi menjadi salah satu komponen penting dalam sistem pengapian mesin. Meskipun berbentuk mungil, ternyata busi memiliki beragam fitur yang disematkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kendaraan. Saat ini beragam tipe busi hadir di pasaran, salah satunya tipe iridium.

Iridium ini memiliki bentuk ujung elektorda yang runcing agar membuat percikan bunga api semakin fokus. Busi ini juga diklaim pemakaiannya lebih tahan lama dan performanya lebih baik dibanding busi bahan nikel. Lantas, apakah busi tipe iridium boleh dibersihkan pada saat servis berkala?

   Baca Juga: Klasemen Kejuaraan Konstruktor dan Tim MotoGP 2022 Usai Seri Amerika

"Busi tipe iridium itu enggak perlu dibersihkan apalagi jika pakai amplas," ucap Diko Oktaviano, Technical Support and Product Knowledge PT NGK Busi Indonesia saat ditemui OtoRider  belum lama ini.

Busi NGK MotoDX 2021

Lebih lanjut, Diko menjelaskan bahan logam mulia seperti iridium bila diamplas bisa membuat permukaannya terkikis habis. “Kalau elektrodanya menipis, efek yang bisa terjadi adalah percikan api busi jadi enggak maksimal dan tidak fokus. Proses pembakaran yang terjadi juga akan menghasilkan banyak kerak karbon,” ujar Diko.

   Baca Juga: Punya Mesin Baru, Simak Detail Spek Royal Enfield All-New Classic 350

Tidak hanya itu, efek lainnya tenaga mesin motor akan menurun dan penggunaan bahan bakar menjadi boros. Selain itu juga umur pakai busi menjadi lebih singkat.

"Sebaiknya kalau bersihkan busi iridium itu cukup pakai lap kain saja atau disemprot cairan cleaner. Kalau memang dirasa performa busi menurun dan elektroda busi terkikis, segera ganti busi iridium dengan yang baru,” terangnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id