Kenali Ciri-Ciri Aki Mulai Lemah pada Vespa Matic

Kenali Ciri-Ciri Aki Mulai Lemah pada Vespa Matic
Sabtu, 9 Juli 2022 14:50
Ruslan Abdul Gani

Peran aki di Vespa Matic sangatlah penting, karena sudah menggunakan sistem injeksi. Pasalnya, mulai dari distribusi bahan bakar, ECU hingga sumber pengapian membutuhkan arus listrik DC dari aki atau baterai.

Makanya kalau aki mulai lemah, tentu bakal membuat semua fungsi komponen yang ada di motor tidak bekerja secara optimal. Apalagi, jika Anda pakai Vespa matic untuk harian, hati-hati bisa mogok di jalan. Lantas, bagaimana ciri-ciri aki sudah mulai lemah?

Menurut Abdul Rosyid, Kepala Mekanik Scooter VIP, ada beberapa ciri-ciri aki yang sudah mulai lemah. Memang untuk melihat ciri aki yang mulai lemah di motor injeksi butuh ketelitian, soalnya klakson masih nyaring dan lampu sein masih cukup terang.

Daftar Harga Bore-up Vespa Matic

“Salah satu cirinya yaitu bisa dikenali pada saat di-starter motor tidak mau langsung hidup,” ucap Abdul saat ditemui OtoRider di Kawasan Rukan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan untuk ciri yang kedua bisa dilihat melalui indikator aki di speedometer. “Kedua, cirinya indikator aki sudah ada tanda menyala berkedip, hal ini disebabkan karena voltase aki yang sudah menurun, biasanya sudah di bawah 12 volt,” jelas Abdul.

Nah, jadi itu tadi ciri aki mulai lemah atau soak yang bisa Anda ketahui di Vespa Matic.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.