Kunci Magnet Motor Sudah Rusak, Ganti Satu Set atau Bisa Diduplikat?

Kunci Magnet Motor Sudah Rusak, Ganti Satu Set atau Bisa Diduplikat?
Sabtu, 17 Desember 2022 11:45
Ruslan Abdul Gani

Saat ini hampir semua motor keluaran baru memiliki fitur secure key shutter atau penutup lubang kunci magnet untuk menambah sistem keamanan. Namun seiring pemakaian, magnet atau pemutar pada anak kunci bisa rusak dan akibatnya lubang kunci tidak bisa dibuka.

Jika sudah mengalami hal tersebut, tentunya sangat menjengkelkan. Motor tidak akan bisa menyala, bahkan kian sulit bila masih dalam kondisi setangnya terkunci. Lantas, apa bisa diperbaiki kunci yang sudah terkikis atau magnetnya hilang?

   Baca Juga: Awas! Ini Bahaya Semprot Injector Cleaner Lewat Lubang Filter Udara

Kunci Kontak Kendur atau Dol

"Memang jika pergi ke bengkel resmi solusi yang ditawarkan adalah ganti kunci kontak satu set, tapi di sini kami bisa duplikat kuncinya saja," ujar Ian, Pemilik Tian Kunci kepada OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Namun sebelum dilakukan duplikat, perlu ada pengecekan kondisi anak kuncinya. "Kalau kondisi plastiknya sudah aus lebih baik dibuat kunci baru dengan diduplikat. Tapi jika kondisi plastiknya masih bagus, cuma magnetnya saja yang hilang, maka cukup pasang magnetnya," ucap Ian.

Kunci Kontak Magnet

Lebih lanjut, Ian menjelaskan untuk menduplikat kunci perlu membawa motor atau lubang kunci guna mencocokan kombinasinya. "Perlu bawa motornya atau lubang kuncinya. Soalnya magnet di setiap motor berbeda-beda letak kombinasinya," jelasnya.

   Baca Juga: Mau Custom Lampu Motor Biar Lebih Kece? Segini Harganya

Jadi, setelah kombinasi magnetnya sudah sesuai, magnet dipasang dan direkatkan dengan lem serta dilapisi plastik agar lebih kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.