Mau Beli Motor Bekas? Perhatikan 5 Hal Ini!

Mau Beli Motor Bekas? Perhatikan 5 Hal Ini!

 

Membeli motor bekas bisa menjadi nilai yang bagus. Apalagi memiliki dokumen yang lengkap dan harganya juga lebih murah dari motor baru. 

Penting dipahami, membeli motor bekas tak disarankan buru-buru dalam prosesnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Tera Kirby dari Reed's Motorcycles di Hurst, Texas.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Lengkap TVS XL100, Unggulkan Akomodasi

 "Orang-orang terburu-buru dan mungkin hanya ingin membeli motor pertama yang sesuai dengan anggaran mereka, dan itu bukan pilihan terbaik," katanya dikutip dari Geico, Rabu (22/6). 

Nah, sebelum membeli motor baru ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

Showroom motor bekas

Memeriksakendaraan 

Periksa motor secara visual dan pastikan tidak ada goresan atau bantingan besar. Berikan perhatian khusus pada tangki bensin. Jika penyok, mungkin perlu diganti. Lihat juga pipa knalpot dan periksa apakah ada kebiruan pada logam yang bisa menunjukkan bahwa motor terlalu panas.

PeriksaBan

 "Masukkan jari Anda ke dalam tapak ban. Jika menutupi ujung jari Anda, berarti dalam kondisi baik," kata Kirby. 

Pastikan juga spatbor tidak menyentuh ban karena dapat menyebabkan keausan yang tidak normal atau merata. 

Showroom motor bekas

Mesin

Dengarkan mesin, pastikan suaranya halus dan bersih. Sebab, jika suara kasar bisa mengindikasikan masalah dengan gas atau artinya mesin dalam keadaan yang salah. Jadi, pastikan lebih teliti terhadap mesin. 

   Baca Juga: Cek Kondisi Ban Saat Musim Hujan! Ini Alasannya

Jaraktempuh

Periksa jarak tempuh dan pastikan odometer memiliki jumlah kilometer yang masuk akal. Ketika semua nol atau jarak tempuh yang aneh (rendah) bisa berarti seluruh speedometer telah diganti apalagai jika kendaraan telah berusia tua. 

LakukanTestRide

Anda bisa melakukan test ride sebelum memastikan membeli motor bekas. Tujuannya agar bisa merasakan terlebih dahulu kondisinya apakah layak dan cocok untuk menemani keseharian. "Pastikan motor membuat Anda nyaman dan tidak terlalu berat," ujarnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id