Mengenal Fungsi TPS pada Motor Matic Bermesin Injeksi

Mengenal Fungsi TPS pada Motor Matic Bermesin Injeksi
Jumat, 2 September 2022 12:50
Afrizal Abdul Rahman

Pada motor matic keluaran terbaru bermesin injeksi terdapat komponen Throttle Position Sensor atau biasa disebut juga dengan TPS. Komponen ini menjadi salah satu yang memegang peran penting terhadap kendaraan itu sendiri. 

TPS pada motor matic injeksi sangat berkaitan dengan tekanan udara yang dihasilkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Erwin dari R59. 

   Baca Juga: Mulai Rp 25 Ribuan, Yamaha Hadirkan Apparel Fazzio Hybrid-Connected

"Fungsinya itu untuk membaca per gas motor kita, kalau buka label ada 0-100 persen, dan TPS akan membaca sensor itu agar mengetahui tekanan udara yang masuk," katanya kepada OtoRider.

TPS

Selain itu, TPS sendiri memiliki fungsi untuk mengetahui perubahan posisi sudut throtle gas. Nantinya, akan ada sinyal elektrik yang dikirimkan ke ECU yang membawa waktu penginjeksi bahan bakar ke ruang bakar. 

Terdapat beberapa fungsi pada TPS itu sendiri. Di antaranya sebagai mode engine ketika katup gas dalam posisi menutup, pengkoreksi angka dari bahan bakar dan udara serta kontrol penghematan suplai bahan bakar ketika dalam posisi melambat.

TPS

   Baca Juga: September 2022, Berikut Harga Baru Honda BeAT, Genio, dan Scoopy

Pada umumnya, sensor TPS dibuat menggunakan tiga soket kabel. Akan tetapi, ada juga pabrikan yang mengeluarkan TPS dengan empat kabel. 

Ketika bekerja, TPS akan menggunakan potensiometer untuk mengukur posisi pembukaan katup. Potensiometer merupakan sebuah resistor yang memiliki variabel tahanannya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.