Mengenal Komponen Engine Mounting Di Motor Matic, Apa Fungsinya?

Mengenal Komponen Engine Mounting Di Motor Matic, Apa Fungsinya?
Selasa, 15 Maret 2022 11:00
Ruslan Abdul Gani

Motor matic saat ini cukup banyak diminati oleh sebagian masyarakat Tanah Air sebagai alat transportasi sehari-hari. Hal ini dikarenakan terdapat begitu banyak keunggulan yang ditawarkan oleh motor jenis ini. Salah satunya, motor matic dikenal sebagai kendaraan yang mudah untuk dikendarai oleh siapapun.

Komponen yang berada di motor matic pun beragam, di antaranya adalah engine mounting. Lantas, dimana letak engine mounting dan apa fungsinya?

   Baca Juga: Deretan Pembaruan pada New Honda Genio 2022, Apa Saja?

Dijelaskan Pardiman, Kepala Mekanik bengkel spesialis motor matic, Takutic di Kebagusan, Jakarta Selatan, engine mounting berfungsi sebagai penyambung serta bantalan peredam getaran mesin agar tidak terlalu besar.

Mengenal Engine Mounting Di Motor Matic

Kemudian letaknya tidak terlalu terlihat, karena berada di bagian bawah mesin. ”Ada di bagian bawah antara mesin dengan rangka atau frame, berada di bracket penyambungnya. Bentuknya bulat terbuat dari karet,” kata Pardiman saat ditemui OtoRider.

   Baca Juga: Punya Warna Baru, Simak Perbedaan Spek Mesin MX King 150 vs Supra GTR

Lebih lanjut, Pardiman menjelaskan model engine mounting berbeda-beda, tergantung jenis motornya. “Seperti motor matic Yamaha selain engine mounting ada bearing juga untuk membantu kinerjanya, sedangkan di matic Honda tidak ada bearing-nya," ucap Pardiman.

Sekadar tambahan informasi, sama seperti komponen lainnya, engine mounting juga bisa aus atau rusak seiring pemakaian. Biasanya ditandai dengan roda belakang goyang ke kanan dan ke kiri saat melewati jalanan tidak rata.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.