Mengenal Teknologi Unggulan Mesin Yamaha, Forged Piston

Mengenal Teknologi Unggulan Mesin Yamaha, Forged Piston
Rabu, 9 Maret 2022 15:00
Brian

Piston merupakan salah satu komponen jeroan mesin yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga. Piston memiliki bentuk dan teknologi yang berbeda dari masing-masing pabrikan. Salah satunya motor Yamaha yang mengandalkan piston dengan teknologi andalannya bernama forged piston.

"Forged piston merupakan teknologi unggulan yang digunakan pada mesin motor Yamaha. Bahan bakunya kuat dengan koefisien gesek yang rendah, karena itu mari mengenal lebih dekat dengan forged piston," ujar Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers dalam keterangan tertulis.

Muslian mengatakan pada umumnya piston dibuat dari bahan alumunium yang tahan terhadap suhu tinggi. Selain itu piston dengan bahan alumunium tahan terhadap tekanan dan ledakan dari hasil pembakaran. Oleh karenanya bahan alumunium pada piston sangat berbeda dari yang biasa dijumpai.

   Baca Juga: Ban Motor Tubeless Sering Bocor Halus, Ternyata Ini Penyebabnya

Sementara itu piston memiliki fungsi untuk meneruskan gaya dari hasil pembakaran ke sejumlah komponen yakni connecting rod dan crankshaft. Oleh sebab itu, yang menyebabkan mesin dapat bekerja yaitu adanya dorongan dari ledakan hasil pembakaran yang diteruskan piston ke crankshaft. Piston bekerja dengan cara naik turun. Ketika menerima ledakan, maka piston akan turun lalu naik kembali.

Rossi Mesin Yamaha M1 MotoGP Mugello 2016

Seiring dengan perkembangan zaman, forged piston tercipta di dunia otomotif. Forged piston sendiri dibuat dengan cara ditempa, berbeda dari piston sebelumnya yang hanya dicairkan kemudian dibentuk. Forged piston dibuat dari benda padat yang dipadatkan lagi alias di-press.

   Baca Juga: Panduan Servis Honda CB150X Tahun Pertama, Cuma Perlu Tiga Kali

Muslian menyebutkan dengan metode tersebut, membuat forged piston memiliki daya tahan yang lebih baik, kuat, dan awet. Dengan teknologi motor yang berkembang, tentunya harus memiliki daya yang kuat serta suhu yang tinggi. Oleh karenanya komponen piston juga harus dapat menunjang sistemnya.

Forged piston pada motor-motor produksi masal sebenarnya adopsi dari motor balap di MotoGP. Khususnya pabrikan Yamaha yang telah menggunakan forged piston. Dengan kualitas yang teruji di dunia balap, Yamaha juga mengaplikasikannya pada motor produksi masal.

Sementara mengenai daya tahannya, Yamaha mengklaim forged piston mampu digunakan lebih dari 50.000 kilometer yang dijamin selama lima tahun. Perawatannya pun sama seperti mesin pada umumnya, cukup lakukan penggantian oli secara rutin sesuai dengan buku pedoman pemilik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.