Pemula Mau Coba Off-Road? Ini Persiapan yang Harus Dilakukan

Pemula Mau Coba Off-Road? Ini Persiapan yang Harus Dilakukan
Selasa, 11 Oktober 2022 12:00
Afrizal Abdul Rahman

Membawa motor trail di jalur off-road tentu sangat menyenangkan. Akan tetapi, bagi pemula yang ingin mencoba ada banyak hal yang harus dipersiapkan.

Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy (YRA) mengatakan salah satu yang harus dipersiapkan yaitu kondisi fisik. "Kondisi fisik harus baik, kalau mencoba off-road itu akan melewati jalan rusak dan harus lebih konsentrasi. Jadi, istirahat yang cukup sebelum melakukan trabas," katanya saat dihubungi OtoRider baru-baru ini.

   Baca Juga: Awas! Ini Efek Negatif Bubut Derajat Kemiringan Pulley CVT yang Sudah Tipis

Off road

Arief menambahkan bagi pemula harus menyiapkan peralatan safety gear yang lengkap. Di antaranya meliputi sepatu khusus, sarung tangan, dan protektor kaki, tangan, tubuh serta leher. 

"Kalau bagi pemula itu kan rentan jatuh, jadi semuanya harus lengkap. Jangan lupa juga membawa tas kecil untuk membawa perlengkapan lain seperti air minum. Karena di jalur tidak ada warung," tambahnya.

Off road

   Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Ban Tubeless pada Motor Sering Kempes

Selain kondisi badan dan perlengkapan, motor juga harus prima sebelum memutuskan untuk trabas. "Dicek mesinnya terlebih dahulu. Semua harus prima, posisi bensin juga harus diperhatikan agar tidak kehabisan di jalan," paparnya. Terakhir, Arief menyarankan untuk mengajak teman atau bergabung dengan komunitas saat trabas.

"Kalau bisa sama yang sudah mengetahui jalurnya, kaya komunitas. Intinya jangan sendiri untuk meminimalisir kejadian yang tak terduga," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.