Penyebab Busi Motor Cepat Rusak, Apa Saja?

Penyebab Busi Motor Cepat Rusak, Apa Saja?
Minggu, 19 Juni 2022 13:00
Gemilang Isromi Nuar

Salah satu komponen penting pada motor adalah busi. Komponen ini berfungsi untuk melepas suhu panas yang berasal dari ruang pembakaran. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan busi jadi cepat rusak, salah satunya pengaruh perawatan dan kondisi mesin motor yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Padahal, rata-rata busi bisa berfungsi maksimal hingga 8.000-10.000 Km. Agar bisa dihindari, berikut merupakan beberapa penyebab kenapa busi motor cepat rusak yang dilansir dari situs Suzuki.

1. Kebocoran Kompresi Mesin

Kompresi mesin yang bocor bisa menyebabkan hilangnya tekanan di silinder ruang pembakaran atau combustion chamber. Ciri khas utama kebocoran pada kompresi mesin adalah tenaga akan ngempos, sistem pembakaran yang tidak berjalan maksimal, dan busi yang cepat mati.

   Baca Juga : Busi Baru Terjatuh Ketika Ingin Dipasang, Apakah Langsung Rusak?

Busi Iridium

2. Setelan Bahan Bakar Tidak Pas

Bahan bakar yang salah bisa menyebabkan hisapan bensin terlalu banyak. Selain motor jadi lebih boros, busi pun akan cepat mati karena terlalu banyak disiram dengan bensin.

Untuk mengeceknya, bisa melihat bagian elektroda busi. Jika bahan bakar terlalu banyak (boros), biasanya bagian atas busi akan terlihat selalu basah. Solusinya, segera setting ulang setelan bahan bakar. Biasanya, masalah ini kerap melanda motor yang masih menggunakan sistem karburator.

Busi Motor

3. Korsleting Pada Jalur Pengapian

Salah satu ciri adanya korsleting di jalur pengapian adalah motor terkadang ngadat atau brebet. Selain itu, motor biasanya akan mati total (tidak bisa dihidupkan) setelah dicuci.

Selain menyebabkan busi cepat mati, korsleting di jalur pengapian pun bisa berdampak pada komponen lainnya, seperti CDI, koil, dan spul. Untuk mengatasinya, cek jalur pengapian dan lihatlah apakah ada kabel yang terbakar atau terlihat korsleting. Jika ditemukan, segera perbaiki.

   Baca Juga : Efek Merapatkan Gap Busi, Apa Bisa Bikin Motor Jadi Lebih Kencang?

4. Pemasangan Busi Kurang Tepat

Tanpa sadar pemasangan busi bisa tidak sempurna karena terlalu longgar, atau bahkan posisi busi yang tidak tepat karena jalur baut (jalur ulir) yang sudah rusak.

Kondisi ini bisa menyebabkan banyak masalah pada mesin. Di antaranya mulai dari tenaga motor yang ngempos, hingga busi yang jadi cepat mati. Untuk mengatasinya, pastikan posisi busi pas.

Demikian penjelasan kenapa busi motor cepat rusak walaupun masih dalam keadaan baru.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.