Penyebab Motor Matic Terasa Gredek Saat Baru Membuka Gas

Penyebab Motor Matic Terasa Gredek Saat Baru Membuka Gas
Senin, 14 Maret 2022 13:30
Ruslan Abdul Gani

Motor matic saat ini masih menjadi salah satu jenis motor yang banyak diminati untuk digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Agar performa motor matic selalu dalam kondisi prima, tentunya perawatan harus rutin dilakukan. Ada berbagai jenis masalah yang timbul pada motor matic jika jarang dirawat.

Salah satu masalah klasik motor matic yang kerap muncul jika pengguna jarang merawat motornya yaitu gredek. Masalah ini bisa muncul pada saat akselerasi awal atau ketika pengendara membuka gas secara kuat. Pada bagian CVT, akan muncul suara gredek dan akselerasi jadi tidak responsif. Lantas, apa sih penyebabnya ?

   Baca Juga: Yamaha Gear 125 Dapat Warna Baru, Simak Detail Spesifikasi Lengkapnya

Dijelaskan Pardiman, Kepala Mekanik Takutic yang merupakan bengkel spesialis motor matic, salah satu penyebabnya yaitu terdapat kotoran yang menumpuk di komponen CVT.

Ini Waktu Yang Tepat Servis CVT Motor Matic

“Kotoran tersebut berasal dari komponen CVT yang terkikis setelah dipakai, seperti kotoran dari pemakain kampas ganda. Selain itu, kondisi lingkungan yang berdebu juga berpengaruh," kata Pardiman saat ditemui OtoRider.

   Baca Juga: Oli Transmisi Motor Matic Berubah Warna Jadi Putih Susu, Ini Penyebabnya

Lebih lanjut, kotoran yang menempel akan mempengaruhi kinerja kampas dan mangkok ganda di motor matic. “Karena kotoran tadi kampas tidak bisa menekan mangkok kampas ganda secara maksimal, atau kurang gigit. Kalau sudah begitu pasti gejala gredek akan timbul," ucap Pardi.

Salah satu cara yang dibeberkan Pardiman untuk mengatasi gejala gredek di motor matic ini ialah melakukan substitusi sparepart. “Untuk di motor-motor matic Honda seperti Vario 150, BeAT, Scoopy, sampai PCX150 kampas gandanya kita ganti pakai punya Suzuki NEX. Mangkok gandanya juga ikut diganti pakai punya BeAT yang kode part-nya K25 atau BeAT FI," terangnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.