Tak Asal Besar! Porting Polish di Mesin Motor Ada Ukurannya

Tak Asal Besar! Porting Polish di Mesin Motor Ada Ukurannya
Jumat, 23 September 2022 16:00
Ruslan Abdul Gani

Metode porting polish banyak dilakukan para mekanik untuk meningkatkan performa mesin motor. Porting polish ini bertujuan untuk memperbesar dan menghaluskan ukuran lubang intake dan exhaust. Tujuannya agar bahan bakar yang masuk dan keluar ke ruang bakar bisa lebih lancar.

Namun, pada saat melakukan porting polish tidak boleh asal besar saja, harus ada perhitungannya. Bila ukuran lubang intake dan exhaust terlalu besar, bisa berefek negatif pada mesin.

   Baca Juga: Perbandingan Spek Mesin New Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250

“Pada saat melakukan porting polish tidak boleh sembarangan, harus ada patokannya seberapa besar lubang yang ingin dibuat. Selain itu, peruntukan mesinnya buat balap atau harian,” ucap Anggi, Mekanik R59 Matic Shop kepada OtoRider di Ciputat, Tangerang Selatan.

Arti dan Fungsi Dari Porting Polish di Mesin Motor

   Baca Juga: Jelang MotoGP Jepang 2022, Marquez: Saya Merasa Baik Secara Fisik

Jika mesin masih dalam kondisi standar seperti ukuran piston serta diameter klepnya, maka diameter porting tidak boleh dibuat terlalu besar. “Kalau terlalu besar kecepatan aliran udara yang masuk dan keluar menjadi kecil. Akibatnya, mesin tidak akan mendapatkan aliran bahan bakar dan udara yang ideal saat keluar masuk dari ruang bakar,” jelas Anggi.

Kemudian, bila terlalu besar juga mesin akan lebih boros serta tidak menghasilkan performa yang tinggi. “Jadi kalau terlalu besar cuma boros doang, tenaga mesin bukan meningkat malah menurun. Buat mesin standar harian cukup diperhalus dan diperlancar jalur yang menghalangi keluar masuk bahan bakar,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.