Tak Terlalu Mahal, Segini Biaya Duplikat Kunci Motor Jenis Laser Cut

 Tak Terlalu Mahal, Segini Biaya Duplikat Kunci Motor Jenis Laser Cut
Kamis, 15 Desember 2022 19:00
Ruslan Abdul Gani

Tipe kunci pada motor saat ini umumnya ada dua jenis, yaitu model standar dan laser cut. Jika dilihat sekilas, terdapat kemiripan antara kunci standar dan laser cut. Tapi bila diperhatikan secara detail, akan nampak perbedaannya. Kunci model laser cut memiliki mata atau gerigi di bagian dalam dan tidak terasa tajam ketika dipegang.

"Struktur kunci laser cut juga lebih kuat daripada kunci biasa. Soalnya gerigi kunci ada di sebelah dalam, jadi lebih terlindungi dari gesekan," ujar Ian, Pemilik Tian Kunci saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Awas! Ini Bahaya Semprot Injector Cleaner Lewat Lubang Filter Udara

Bedanya Kunci Laser Cut dan Biasa

Dari sisi pengerjaan, untuk membuat kunci laser cut perlu memakai alat khusus, berbeda dengan kunci standar atau biasa. "Kalau kunci motor standar itu dibuat dengan cara dipotong geriginya pakai alat duplikat kunci. Untuk kunci laser cut alatnya khusus lagi sistem kerjanya digrafir sesuai pola yang diinginkan dengan laser," jelas Ian. 

Sementara itu dari segi kekuatan, kunci laser cut juga lebih unggul ketimbang kunci standar. "Karena pola ulirnya ada di dalam, jadi kunci laser cut tidak mudah tumpul geriginya akibat dari gesekan saat menaruh atau dibawa kemana-mana," terangnya.

Lalu, berapa biayanya jika kunci jenis laser hilang dan harus diduplikat?

Bedanya Kunci Laser Cut dan Biasa

Untuk harganya pada kunci jenis standar atau biasa itu mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 35 ribu, tergantung panjang dan ada magnetnya atau tidak. Selanjutnya, kunci laser cut tentu harganya sedikit lebih mahal karena alat pembuatannya berbeda. Banderolnya berada di kisaran Rp 50 ribu sampai Rp 80 ribuan.

   Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kunci Motor Laser Cut dan Biasa?

Waktu pengerjaan model laser cut juga lebih lama dibanding kunci biasa, karena harus presisi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.