Apa Sih Bedanya Kunci Motor Laser Cut dan Biasa?

 Apa Sih Bedanya Kunci Motor Laser Cut dan Biasa?
Rabu, 14 Desember 2022 13:00
Ruslan Abdul Gani

Bagi para pemilik motor mungkin masih belum tahu bahwa tipe anak kunci ada dua, yaitu model standar dan laser cut. Kunci laser cut bisa ditemui di antaranya pada motor Yamaha MT-15, YZF R15, Honda CBR250RR dan lainnya. Lalu, apa perbedaan kunci biasa dan laser cut?

Ian selaku Pemilik Tian Kunci mejelaskan perbedaannya terletak pada posisi gerigi yang ada di anak kuncinya. "Memang kalau dilihat keduanya sama saja, tapi kunci laser cut punya bentuk mata atau gerigi kunci di area dalam, sedangkan kunci biasa ada di pinggir luar," ujar Ian saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Pemilik Vespa Matic Wajib Tahu, Kunci Warna Ini Jangan Sampai Hilang!

Kunci Laser Cut

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada ulir milik kunci laser cut yang lebih halus jika diraba tangan dibanding kunci biasa. "Selain itu struktur kunci laser cut juga lebih kuat daripada kunci biasa. Soalnya gerigi kunci ada di sebelah dalam, jadi lebih terlindungi dari gesekan," ucap Ian.

Kemudian, dari sisi pengerjaan, untuk membuat kunci laser cut perlu memakai alat yang khusus, berbeda dengan kunci standar atau biasa. "Kalau kunci motor standar itu dibuat dengan cara dipotong geriginya pakai alat duplikat kunci. Untuk kunci laser cut alatnya khusus lagi sistem kerjanya digrafir sesuai pola yang diinginkan dengan laser," jelasnya.

Bedanya Kunci Laser Cut dan Biasa

   Baca Juga: Remote Keyless Motor Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Dari segi kekuatan, kunci laser cut juga lebih unggul ketimbang kunci biasa atau standar. "Karena pola ulirnya ada di dalam, jadi kunci laser cut tidak mudah tumpul geriginya akibat dari gesekan saat menaruh atau dibawa kemana-mana," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.