Ternyata Ini Penyebab Utama Mika Lampu Menjadi Kusam
Lampu

Ternyata Ini Penyebab Utama Mika Lampu Menjadi Kusam

 

Lampu menjadi komponen penting untuk setiap kendaraan roda dua, salah satunya membantu memberikan pencahayaan saat malam hari. Namun, tak sedikit yang pernah mengalami mika lampu berubah menjadi berwarna kuning. Selain tak enak pandang, warna yang berubah tersebut juga akan memengaruhi pencahayaan.

Ternyata banyak penyebab mika lampu berubah menjadi warna kuning. Lantas, apa saja? "Pertama itu bisa karena paparan sinar matahari terus menerus, itu bisa membuat mika berubah menjadi kuning," kata Fendi, Sales Ayoto kepada OtoRider di IMOS 2022.

Lampu

Selain itu, ia menambahkan bohlam model HID juga bisa membuat mika berubah warna. Bukan tanpa alasan, sebab daya yang ada di HID bisa menyebabkan terbakar karena wattnya juga besar.  "Lampu HID itu bisa menyebabkan kebakar dan membuat mika kuning. Kalau LED masih tergolong aman, tidak membuat mika kusam," tambahnya. 

Seperti diketahui, jenis lampu ini sempat tren beberapa waktu lalu. Lampu tersebut juga dikenal dengan sebutan lampu Xenon. Lampu ini mampu memberikan penerangan maksimal yang berasal dari gas xenon. 

Lampu

Soal tingkat penerangan, lampu ini mampu mencapai 2800 dan 3000 lumen dengan memakai daya 35 watt.

Sementara, lampu LED mempunyai keunggulan yang cukup baik, seperti lebih hemat energi dan ramah lingkungan. Bentuknya sangat kecil dengan tingkat penerangan yang tinggi. Namun, lampu ini tidak menghasilkan panas berlebih dan juga tahan lama serta tahan oleh guncangan. "Pemilihan lampu tidak boleh sembarangan, kalau asal bisa membuat mika cepat kusam," tutupnya. 

Lampu motor

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id