Tips Berkendara Motor Menerobos Hujan, Cek Dulu 4 Bagian Ini!

Tips Berkendara Motor Menerobos Hujan, Cek Dulu 4 Bagian Ini!

 

Mengendarai motor pada kondisi hujan tentunya membutuhkan teknik yang benar. Selain teknik berkendara, ada hal lain yang juga harus diperhatikan, salah satunya kondisi motor itu sendiri. 

Muhammad Arief selaku Trainer Yamaha Riding Academy (YRA) mengatakan kondisi motor turut memegang peran penting saat berkendara, khususnya dalam kondisi cuaca hujan. Oleh sebab itu, sebelum berkendara pastikan komponen motor berfungsi dengan baik.

   Baca Juga: KTM RC390 dan RC200 Punya Warna Baru, Nuansa Tech3 MotoGP

"Sebelum jalan pastikan ban motor masih bagus, tidak botak. Agar traksi roda tetap baik dan tidak licin saat di jalan," katanya pada OtoRider baru-baru ini.

Ban motor

Selain dilihat dari kondisi fisik ban, Arief menyarankan untuk memastikan tekanan ban sesuai standar. "Tekanan ban sesuai anjuran. Kalau terlalu keras itu bisa licin dan kempes juga bisa membuat motor tak bisa dikendalikan karena banyak goyangan yang terjadi," tambahnya. 

   Baca Juga: Hasil MotoGP Australia 2022: Alex Rins Juara, Quartararo Gagal Finish

Komponen motor berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kampas rem. Lebih lanjut, sistem pencahayaan juga harus bekerja dengan normal. "Pengereman agar bisa maksimal, kalau lampu itu bisa membantu pengendara lain yang ada di belakang, jadi tetap aman," ucap Arief.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id