Tips Biar Motor Matic Tidak Boros Bensin, Lakukan Hal Ini!

Tips Biar Motor Matic Tidak Boros Bensin, Lakukan Hal Ini!

 

Semenjak harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik beberapa waktu lalu, pastinya membuat biaya pengeluaran para pengguna motor meningkat. Apalagi jika motornya termasuk boros bahan bakar. Lantas, bagaimana agar motor, khususnya tipe matic tidak boros bahan bakar?

Adi Danu selaku Kepala Bengkel Pro Matic menjelaskan salah satu cara biar motor matic tidak boros bahan bakar salah satunya dengan rutin melakukan servis CVT. “Kondisi CVT yang kotor juga bisa jadi penyebab boros bahan bakar. Karena, tenaga mesin tidak tersalurkan dengan baik,” ucap Danu saat disambangi OtoRider di Cilangkap, Jakarta Timur.

   Baca Juga: Ragam Aksesoris Resmi New Honda Vario 125, Mulai Rp 59 Ribuan

Pada saat servis CVT, mekanik akan membersihkan sekaligus mengecek kondisi komponen yang ada. Komponen di CVT motor matic itu sendiri cukup banyak dan harus diganti secara berkala.

Tips Biar Motor Matic Tidak Boros Bensin, Rutin lakukan Servis CVT

“Ketika servis pasti dicek kondisi komponennya, yang paling sering mengalami keausan itu roller yang sudah peyang atau tidak bulat. Kemudian, komponen CVT lainnya juga harus dicek, seperti pulley depan sudah mengalami keausan apa belum,” ujar Danu.

   Baca Juga: Perbedaan Ukuran Pelek serta Ban Honda Vario 125 Baru dan Lama

Selain itu, kotoran yang mengendap di CVT juga bikin performa motor matic jadi tidak maksimal. “Biasanya kotoran menumpuk di area kampas ganda dan bikin motor terasa slip. Jadi, saat terjadi slip ini pasti tenaga motor tersendat dan efeknya bensin jadi lebih boros,” jelasnya.

Nah, jadi kalau ingin konsumsi bensin motor matic tidak boros, jangan lupa servis CVT secara berkala.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id