Tips Kurangi Blind Spot Saat Bawa Motor, Jangan Asal Ganti Spion!

Tips Kurangi Blind Spot Saat Bawa Motor, Jangan Asal Ganti Spion!
Sabtu, 23 April 2022 15:00
Ruslan Abdul Gani

Berkendara menggunakan sepeda motor memang sudah menjadi aktivitas sehari-hari. Namun, perlu diketahui dalam berkendara perlu memperhatikan blind spot atau titik buta saat di jalan raya. Baik bagi pengendara, maupun pengguna jalan lainnya. Lantas, bagaimana caranya mengurangi blind spot saat berkendara?

Dijelaskan Fery Risdiyanto selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, salah satu cara untuk mengurangi blind spot adalah dengan menggunakan spion di motor. ”Dalam berkendara roda dua, penggunaan spion sepeda motor merupakan hal yang sangat vital dalam safety riding. Karena dengan adanya spion, blind spot bisa dikurangi,” ujar Fery.

   Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal 2022: Siapakah yang Bakal Jadi Juara?

Kemudian, Fery juga menjelaskan beberapa tips safety riding dari Yamaha Riding Academy guna menyiasati blind spot, baik dari sisi pengendara maupun orang lain :

1. Sesuaikan arah spion motor Anda sebelum memulai perjalanan. Pastikan arah spion pas meliputi arah belakang sepeda motor Anda agar dapat mengetahui kondisi di area belakang.

Tips Mengurangi Blind Spot Saat Bawa Motor

2. Hindari modifikasi spion yang tidak sesuai standar keselamatan, seperti mengganti dengan spion berukuran kecil. Jika dilakukan, hal ini tentu saja akan memperlebar blind spot Anda. Sehingga lebih sulit mengetahui kondisi di belakang.

3. Nyalakan lampu utama dan gunakan pakaian yang berwarna cerah, atau yang bisa memantulkan cahaya. Hal ini berguna agar Anda dan kendaraan lebih mudah terlihat oleh pengendara/pengguna jalan lainnya.

   Baca Juga: Resmikan Dealer Baru di Jember, Piaggio Indonesia Beri Promo Spesial

4. Posisikan motor Anda di tempat yang mudah terlihat oleh pengendara lain yang berada di depan. Hal ini bisa dicek apabila Anda bisa melihat wajah pengendara lain melalui spionnya, berarti posisi Anda masih bisa dilihat olehnya melalui kaca spion.

Dengan meminimkan blind spot, berarti kita juga sudah meminimalisir risiko kecelakaan dalam berkendara di jalan raya. Selain itu, perlu diingat selalu mengecek kondisi sepeda motor dan riding gear sebelum mulai berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.