Tips Melewati Tanjakan Pakai Motor Matic, Simak 3 Hal Ini!

Tips Melewati Tanjakan Pakai Motor Matic, Simak 3 Hal Ini!
Minggu, 7 Agustus 2022 09:00
Thio Pahlevi

Beragam kondisi jalan mulai dari tikungan, tanjakan, dan turunan bakal ditemui oleh setiap pengendara motor. Agar tetap aman dan nyaman saat berkendara, tentunya dibutuhkan kemampuan untuk melewati jalan tersebut. Lantas, seperti apa cara melewati tanjakan menggunakan motor, khususnya yang bertransmisi otomatis alias matic?

Johanes Lucky selaku Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) pun membagikan beberapa tipsnya. "Setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan. Hal ini sangat membantu kita untuk dapat tetap fokus dalam berkendara agar selamat sampai tujuan dan berkendara pun menjadi menyenangkan," kata Lucky.

   Baca Juga: 5 Langkah Pemeriksaan Radiator Motor, Bisa Lakukan Sendiri di Rumah

Tips yang pertama adalah melakukan pengecekan dan pemeriksaan pada motor yang akan digunakan. Hal ini diperlukan guna menjaga performa dan mengurangi potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan. Lakukan pemeriksaan mulai dari bahan bakar, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya.

Motor Matic di jalur Tanjakan

Selanjutnya, kenali rute yang akan dilewati. Pastikan Anda mengetahui rute atau kondisi jalan agar dapat mengantisipasi terlebih dahulu berbagai macam jalur yang akan dilalui. Pengendara motor dapat mengatur jadwal dan rute perjalanan guna menghemat jarak, waktu, tenaga serta menghindari kemacetan.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Lengkap Suzuki V-Strom SX, Cocok Buat di Indonesia?

Ketiga, saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi motor siap melewati tanjakan. Turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak atau jalan datar.

Sebelum memasuki jalan menanjak, manfaatkan akselerasi atau momentum dengan menambah gas, jauh sebelum jalan menanjak sambil memperhatikan kondisi jalan. Kurangi laju motor ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya. Hal ini berguna untuk mencegah terlepasnya traksi roda depan ketika mencapai ujung tanjakan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.