Tips Merawat Kelistrikan Motor yang Tak Dilengkapi Kick Starter

Tips Merawat Kelistrikan Motor yang Tak Dilengkapi Kick Starter
Selasa, 2 Agustus 2022 14:00
Benny Averdi

Tombol starter dan kick starter atau starter engkol menjadi dua cara yang umum digunakan untuk menyalakan mesin motor. Meski tak semudah menekan tombol starter, penggunaan kick starter bisa menjadi opsi ketika aki motor dalam kondisi yang kurang baik.

Tetapi, saat ini semakin sedikit motor yang dilengkapi starter engkol, khususnya pada motor keluaran terbaru. Sehingga, untuk menyalakan mesin benar-benar hanya mengandalkan starter elektrik. Nah, supaya selalu bekerja optimal, motor starter ini harus mendapat suplai arus yang cukup dari aki. Oleh sebab itu, aki harus dijaga kondisinya.

   Baca Juga: Berburu Honda Vario 125 atau 160? Simak Harga Barunya per Agustus 2022

“Aki motor dan mobil sama saja perawatannya,” ujar Muksin dari FAST, Pancoran.

Engkol Motor
Engkol starter, semakin langka di motor 

   Baca Juga: GALERI: Deretan Warna-Warna Cerah Yamaha Fazzio di Thailand

Muksin mengungkapkan hal terpenting adalah menjaga kondisi kutub pada aki. “Dijaga kebersihannya, jangan biarkan ada kerak tebal, terutama di kutub positif,” ucapnya. Jika sudah mulai ada kerak, bisa dibersihkan dengan sikat kawat atau disiram air panas.

Untuk aki yang masih menggunakan cairan, perhatikan volume ketinggian cairannya. Selalu samakan dengan patokan ketinggian teratas pada kotak aki.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.