Tombol Saklar Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya!

Tombol Saklar Motor Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya!
Kamis, 16 Juni 2022 14:00
Thio Pahlevi

Tombol saklar menjadi salah satu komponen penting pada motor. Bagian ini umumnya berfungsi untuk menyalakan lampu sein, klakson, dan starter. Sama seperti komponen motor lainnya, tombol saklar juga memerlukan perawatan secara berkala.

Tomy Tambrani selaku Marketing Manager Rexco Indonesia pun membagikan beberapa tips dalam merawat tombol saklar motor. Ia mengatakan perawatannya cukup sederhana, yakni dengan memberikan pelumas khusus.

   Baca Juga: Bedah Ukuran Pelek dan Ban Kawasaki KLX230SM Bertampang Supermoto

Tombol saklar yang jarang dirawat berpotensi mengalami seret atau keras ketika akan digunakan. Tomy mengungkapkan hal ini sering terjadi terutama pada motor yang sering parkir di tempat terbuka, sehingga terpapar hujan dan panas.

Tombol saklar motor

Jika hal tersebut sering dilakukan, tombol-tombol di saklar akan mudah kering serta banyak kotoran dan berisiko berkarat. Agar tetap bekerja optimal, pemilik kendaraan bisa melakukan penyemprotan pelumas ke bagian celah tombol.

   Baca Juga: Harga Baru Suzuki GSX-R150, GSX-S150, dan Gixxer SF 250 Juni 2022

"Agar tombol-tombol di saklar tidak mudah seret dan selalu berfungsi normal, lakukan penyemprotan secara berkala. Semprotkan pelumas ke bagian celah-celah tombol, kemudian tombol dipencet-pencet secara bergantian agar proses pelumasan bisa maksimal," ujar Tomy dalam keterangan tertulis.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.